Kompas TV regional papua maluku

79 Tahun Menanti Kini Warga Agandugume Nikmati Listrik Sepuasnya

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 20:17 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

PUNCAK, KOMPAS.TV - Honai dan rumah-rumah adat yang selama puluhan tahun dalam kondisi gelap, kini sudah diterangi oleh penerangan yang bersumber dari tenaga surya. Ini merupakan kerjasama Satgas yonif 751/Vira Jaya Sakti dengan PLN agar masyarakat agandugume merasakan kehadiran negara.

Hadirnya listrik di Agandugume tak hanya digunakan sebagai penerangan sehari-hari, tapi juga berguna untuk menunjang aktivitas bahkan kegiatan belajar di waktu malam bagi anak-anak Agandugume.

Ini adalah bentuk keprihatinan tni terhadap kondisi masyarakat setempat karena sejak Indonesia merdeka 79 tahun lalu mereka belum pernah merasakan cahaya listrik. Tak hanya menghadirkan listrik, tapi personel TNI Satgas yonif 751/Vira Jaya Sakti juga membantu memasangkan di rumah warga dan melatih masyarakat setempat tentang cara penggunaan.

Sementara itu, warga Agandugume mengaku senang dan bangga karena honai dan rumah mereka bisa dialiri listrik. Pasalnya dulu daerah ini terisolasi dan dikuasai kelompok bersenjata.

Selain listrik, warga distrik Agandugume juga berharap ada bantuan air bersih untuk persiapan karena setiap bulan september akan turun kabut embun upas yang mengakibatkan suhu ekstrim dan air tak dapat dikonsumsi masyarakat.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x