Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pemkot Semarang Uji Coba Makan Siang Bergizi Berbahan Hasil Urban Farming

Kompas.tv - 16 Agustus 2024, 11:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Program Stoberi atau strategi pemberian makan siang untuk perbaikan gizi dan cegah obesitas diluncurkan Pemerintah Kota Semarang, sebagai upaya persiapan pemberian makan bergizi gratis bagi siswa. Hebatnya, Pemerintah Kota Semarang memanfaatkan hasil urban farming dikembangkan di Kota Semarang, baik urban farming yang ada di kantor kelurahan, kecamatan, sekolah, hingga urban farming yang dikembangkan masyarakat, sebagai bahan untuk mengolah makanan bergizi dan sehat.

Uji coba pemberian makan bergizi ini dilakukan di SD Negeri Ngalyian 01 Kota Semarang. Ratusan siswa mendapat satu porsi makanan berisi nasi gurih, sayuran sawi, jamur, serta lauk pauk berupa naget, tahu, telur, dan buah yang semuanya hasil urban farming.

Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu atau lebih akrab disapa Mbak Ita, menegaskan, untuk pemenuhan makanan bergizi, Kota Semarang memanfaatkan urban farming sehingga dapat menekan anggaran. Program Stoberi ini upaya mendukung program pemerintah yang berencana memberi makan siang sehat, bergizi seimbang serta berbahan pangan sehat.

“Urban farming ini kan sudah merata di Kota Semarang. Kemudian saat ini kan untuk di pemerintahan nanti ke depan ada program makan siang bergizi. Kami punya ide bagaimana mengkolaborasikan antara pemberdayaan masyarakat dengan kebutuhan-kebutuhan makan siang bergizi,” jelas Mbak Ita

“Akhirnya, sebagai pilot project ini adalah bagaimana pemberdayaan di kantor-kantor kecamatan, karena dari awal saya memang minta kantor pemerintah baik di kecamatan dan kelurahan mempunyai urban farming dan ternyata di Kecamatan Ngaliyan ini sudah terbangun pertanian terpadu,” imbuhnya.

Pembagian makan siang bergizi disambut meriah para siswa, mereka mengaku senang dengan aneka olahan yang rasanya bebar-benar lezat. Hebatnya lagi, makan bergizi yang dibagikan ke siswa adalah hasil masakan ibu-ibu PKK dan para siswa, yang pandai mengolah bahan urban farming menjadi aneka olahan masakan bergizi.

#makanbergizi #makangratis #semarang

 

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x