Kompas TV regional jawa tengah dan diy

BPBD Kota Semarang Salurkan Air Bersih ke Daerah Terdampak Kekeringan

Kompas.tv - 14 Agustus 2024, 10:42 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Truk tangki air bersih diluncurkan menuju Kelurahan Bringin, Kota Semarang untuk membantu warga yang kesulitan mendapatkan air bersih di musim kemarau. Air bersih dari truk tangki dengan kapasitas 5.000 liter langsung ditampung di menara penampungan air artesis agar bisa segera disalurkan kepada warga setempat.

“Untuk hari ini kita dropping air bersih ke Kelurahan Beringin, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Kita bantu dengan dua unit tangki, yang setiap tangki-nya kurang lebih 5.000 liter. Untuk kebutuhan KK kurang lebih di sini ada 100 sampai 130 KK,” tutur Sugiyarto, Staf Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Semarang.

Sementara itu, sudah tiga bulan sumur warga mulai mengering dan warga hanya mengandalkan bantuan air bersih yang datang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Warga berharap jaringan saluran air PDAM bisa masuk di wilayah Bringin, sehingga saat musim kemarau datang warga tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

“Kurang lebih 2-3 bulan ini debitnya berkurang. Tapi di minggu-minggu ini sangat berkurang. Untuk kebutuhan minum kebanyakan beli galon karena sudah hampir 6-7 tahun warga sudah tidak yakin dengan air d isini,” kata M. Ali Adnan Purwanto, warga.

Selain Kelurahan Bringin, ada empat kelurahan lain yang terdampak kekeringan. Diantaranya adalah Kelurahan Rowosari yang sudah mengajukan permintaan bantuan air bersih ke BPBD Kota Semarang.

#kekeringan #kemarau #bringin




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x