Kompas TV regional jawa tengah dan diy

BMKG Imbau Waspada, 3 Wilayah di DIY Berstatus Siaga Kekeringan Meteorologis

Kompas.tv - 12 Agustus 2024, 14:30 WIB
bmkg-imbau-waspada-3-wilayah-di-diy-berstatus-siaga-kekeringan-meteorologis
Ilustrasi kekeringan - BMKG melakukan Operasi Modifikasi Cuaca (OMC) untuk mengantisipasi kekeringan di Pulau Jawa. (Sumber: bmkg.co.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan sejumlah kabupaten/kota di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) waspada kekeringan meteorologis.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG DIY Reni Kraningtyas, mengatakan untuk potensi kekeringan dengan status siaga terjadi di wilayah Kota Yogyakarta, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunungkidul.

Potensi kekeringan tersebut berdasarkan hasil pemantauan curah hujan hingga 9 Agustus 2024 dan prakiraan peluang curah hujan dua dasarian (20 hari) ke depan.

"Wilayah yang berstatus siaga tersebut telah mengalami hari tanpa hujan lebih dari 31 hari dengan prakiraan curah hujan rendah di bawah 20 mm per dasarian," kata Reni, Senin (12/8/2024) dikutip dari Antara.

Baca Juga: Pinjam dari Persija Jakarta, PSIM Yogyakarta Boyong Dua Penggawa Timnas U19 ke Skuad Laskar Mataram

Selain itu, lanjut dia, BMKG juga mencatat sejumlah wilayah di DIY berstatus waspada kekeringan meliputi Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Sleman. 

Sejumlah wilayah berstatus waspada kekeringan telah mengalami hari tanpa hujan lebih dari 21 hari dengan prakiraan curah hujan rendah di bawah 20 mm per dasarian.

Reni mengimbau masyarakat serta pemda dapat mewaspadai dampak kekeringan pada sektor pertanian dengan sistem tadah hujan.

Masyarakat juga diminta mewaspadai pengurangan ketersediaan air tanah (kelangkaan air bersih) serta peningkatan potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) akibat kekeringan.

Baca Juga: BMKG Sebut Indonesia Patut Waspada Gempa Megathrust Nankai Jepang, Ini Penyebabnya


 




Sumber : Kompas TV, Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x