Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Shoulder Wheel, Alat Bantu Pemulihan bagi Penderita Stroke

Kompas.tv - 12 Agustus 2024, 12:26 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sejumlah mahasiswa di Kota Semarang berhasil menciptakan alat bantu pemulihan fisik. Alat bantu pemulihan fisik untuk membantu para penderita stroke ini diberi nama Shoulder Wheel.

Tujuan pembuatan alat bantu pemulihan fisik yang dilakukan oleh tiga mahasiswa di Kota Semarang ini untuk membantu rehabilitasi pasien atau penderita stroke, yang mengalami pelemahan pada otot bahu. Alat ini berfungsi untuk melatih otot bahu penderita stroke agar kembali kuat seperti semula.

Pembuatan alat terapi fisik bagi penderita stroke ini tidaklah mudah. Tim mengalami sejumlah kendala, mulai dari power supply hingga motor penggeraknya yang mengalami eror. Proses pembuatannya memakan waktu sekitar tiga hingga empat bulan.

Alat ini bisa bekerja secara elektrik maupun manual. Alat yang dinamai Shoulder Wheel ini masih akan disempurnakan lagi, karena dirasa masih memiliki sejumlah kekurangan.

“Tujuan pembuatan alat ini, untuk membantu rehabilitasi pasien pasca stroke, dan mengalami pelemahan otot pada bahu. Untuk fungsinya sendiri, untuk terapi pasien tersebut. Untuk kendala pembuatan alat ini adalah, entah power supply-nya atau motornya,” jelas Salsabila Khairunnisa Maliana, perwakilan tim.

Diharapkan Shoulder Wheel ini bisa bermanfaat bagi masyarakat, terutama untuk fisioterapis bagi penderita stroke atau pemulihan pasien lain.

 

#shoulderwheel #alatbantufisioterapi #semarang




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x