Kompas TV regional papua maluku

Cegah Kelaparan Ekstream BNPB Bangun Gudang Logistik di Daerah Rawan OPM

Kompas.tv - 10 Agustus 2024, 16:10 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

PUNCAK, KOMPAS.TV - Kurang lebih enam bulan dikerjakan, gudang logistik yang dibangun BNPB di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah diresmikan menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaaan, Muhadjir Effendy dan kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Rabu (09/08/2024). Ini merupakan arahan langsung Presiden Joko Widodo sebagai upaya mitigasi bencana kelaparan.

Kemarau panjang yang diikuti cuaca dingin ekstrem itu memicu terjadinya gagal panen. Kondisi tersebut mengakibatkan warga di Distrik Sinak, Agandugume dan Lambewi kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan.

Menko PMK RI, Muhadjir Effendy mengatakan, gudang logistik BNPB ini dibangun sebagai salah satu program strategis daerah dalam upaya penanggulangan bencana kekeringan yang berdampak pada kelangkaan pangan. Selain itu, keberadaan gudang logistik ini akan sangat membantu dalam memastikan distribusi bahan kebutuhan pokok dan logistik lainnya dapat berjalan dengan lebih lancar dan efisien.

Pembangunan gudang logistik ini disambut positif oleh masyarakat sinak karena hadirnya gudang logistik ini bisa mengatasi bencana kelaparan yang sering terjadi di Distrik Sinak, Agandugume dan Lambewi.

Aparat TNI juga menjamin keamanan, menurut Pangdam XVII Cenderawasih, Mayjen TNI Izak Pangemanan, akan mengerahkan personil TNI yang bertugas untuk menjaga gudang logistik yang sudah dibangun sehingga tidak dibakar oleh kelompok Organisasi Papua Merdeka.

Selain di sinak, gudang logistik juga sementara dibangun di Distrik Agandugume yang merupakan salah satu daerah rawan basis dari kelompok Organisasi Papua Merdeka.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x