Kompas TV regional jawa barat

99,57 Persen Warga Terdaftar JKN-KIS, Bupati Bandung Raih Lagi Penghargaan UHC dari Wapres

Kompas.tv - 8 Agustus 2024, 20:22 WIB
99-57-persen-warga-terdaftar-jkn-kis-bupati-bandung-raih-lagi-penghargaan-uhc-dari-wapres
 
Penulis : KompasTV Bandung

KAB. BANDUNG, KOMPAS.TV - Bupati Bandung Dadang Supriatna kembali meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award dari Pemerintah Pusat. Penghargaan tersebut diraih, lantaran lebih dari 99,57% penduduk Kabupaten Bandung sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) – Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Piagam penghargaan UHC diterima secara langsung oleh Bupati Bandung, dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin, di Krakatau Grand Ballroom TMII - Jakarta Timur, Kamis (8/8/2024). Penghargaan yang sama juga diterima Bupati Bandung di ajang yang sama tahun 2023, dengan capaian UHC 96,89%.

Penghargaan UHC ini diberikan langsung oleh Wapres melalui Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan Direktur Utama BPJS Kesehatan.

Bupati Bandung Dadang Supriatna menyebutkan, berdasar data BPJS Kesehatan Soreang, tercatat per tanggal 1 Agustus 2024, capaian UHC di Kabupaten Bandung mencapai 99,57% atau 3.733.067 jiwa dari jumlah penduduk sebanyak 3.749.172 jiwa.

"Artinya, Kabupaten Bandung telah melampaui target nasional yang ditetapkan pemerintah sebesar 98%. Terimakasih atas penghargaannya. Ini menjadi momen kami untuk terus berkomitmen meningkatkan akses layanan kesehatan masyarakat, dan menjadi pertanda sebagai kepedulian kami untuk menjamin kesehatan masyarakat,” ucap Bupati Bandung Dadang Supriatna.

 

Bupati Bandung mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya. Ia juga mengucapkan terima kasih atas sinergi bersama BPJS Kesehatan Cabang Soreang. Menurutnya keberhasilan ini tidak terlepas dari peran serta dan dukungan berbagai pihak.

"Terima kasih pula kepada BPJS Kesehatan Cabang Soreang yang telah bekerja keras bersama Pemerintah Daerah, sehingga masyarakat Kabupaten Bandung bisa terjamin ke dalam Program JKN", ucapnya.

Dengan telah tercapainya UHC di Kabupaten Bandung maka fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani. Selama kepemimpinan Kang DS, sapaan Dadang Supriatna, sudah berdiri lima RSUD baru di Kabupaten Bandung untuk mendekatkan akses masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

 

Kelima RSUD tersebut tersebar di wilayah Arjasari, Pacira, Cimaung, Kertasari, dan Bojongsoang. Kelima fasilitas kesehatan tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan 1.700 tempat rawat inap yang dibutuhkan masyarakat Kabupaten Bandung.

Sementara Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin memberikan apresiasi yang tinggi atas berbagai upaya dan kerja keras pemerintah daerah yang konsisten dalam mendukung program JKN sebagai salah satu program stratifikasi nasional sejak 2014.

“Saya berharap pemerintah daerah turut mendorong upaya peningkatan mutu layanan kesehatan. Salah satunya melalui penyediaan fasilitas kesehatan yang berkualitas dan merata, sehingga masyarakat lebih mudah dalam mengakses layanan tersebut,” ungkap Wapres Ma'ruf Amin.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x