Kompas TV regional jawa timur

Batik Tema Merah Putih Banyak Dipesan di Bulan Kemerdekaan

Kompas.tv - 6 Agustus 2024, 17:40 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Di bulan kemerdekaan ini, batik bernuansa merah putih banyak dipesan oleh masyarakat.

Batik bernuansa merah putih menjadi salah satu batik yang diproduksi oleh perajin Batik Blimbing Kota Malang. Perajin sengaja membuat batik dengan dominan warna merah putih untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Aulya Rishmawati perajin batik menjelaskan bahwa dalam beberapa momen dirinya kerap membuat batik dengan tema tertentu termasuk hari kemerdekaan seperti saat ini. Pemesanan dan produksi batik merah putih sudah dilakukan sejak bulan Juli lalu.

Batik merah putih yang identik dengan bendera indonesia ini oleh Aulya dipadukan dengan motif khas Malang seperti tari topeng malangan, candi hingga bunga teratai. Dalam satu bulan terakhir, Aulya sudah menyelesaikan 150 lembar kain batik bernuansa merah putih. Menurut Aulya, kain batik ini nantinya akan dijahit sendiri oleh pemesan menjadi baju sesuai dengan selera mereka.

"Untuk produk kami memang cenderung tematik, seperti bulan Agustus ini ada banyak permintaan dengan nuansa merah putih," Terang Aulya.

Untuk harga satu lembar kain batik merah putih, dibanderol dengan harga Rp 175 ribu hingga di atas Rp 1 juta, tergantung dari kerumitan motif kain batik. Tak hanya warga Malang, kain batik merah putih ini juga dipesan hingga ke luar negeri.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x