Kompas TV regional papua maluku

Kronologi KKB Bunuh Pilot Asal Selandia Baru dan Bakar Helikopter di Mimika

Kompas.tv - 5 Agustus 2024, 21:51 WIB
kronologi-kkb-bunuh-pilot-asal-selandia-baru-dan-bakar-helikopter-di-mimika
Helikopter mengalami insiden saat mendarat di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Senin (5/8/2024). (Sumber: Tribun-Papua.com/Istimewa)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

MIMIKA, KOMPAS.TV - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) membunuh pilot, Glen Malcolm Conning (50) berkebangsaan Selandia Baru, di Distrik Alama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (5/8/2024).

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, Kombes Pol Bayu Suseno, mengungkapkan peristiwa tersebut berawal saat helikopter yang dipiloti Glen Malcolm berangkat dari Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 09.30 WIT menuju Distrik Alama, Mimika.

Sesampainya di Distrik Alama, pilot dan penumpang helikopter milik PT. Intan Angkasa Air Service dicegat KKB menggunakan senjata api.

Kemudian pilot dan penumpang, lanjut ia, diturunkan dari helikopter dan dikumpulkan di lapangan. KKB lalu melakukan pembunuhan terhadap pilot.

"Setelah itu OPM langsung melakukan ​​​​pembunuhan terhadap pilot," kata Kombes Bayu dalam keterangannya, Senin, dikutip dari tayangan Kompas Malam di KompasTV.

"Dan jenazahnya dibawa ke helikopter kemudian dibakar bersamaan dengan helikopter."

Baca Juga: Update Helikopter Alami Insiden di Mimika Papua Tengah, Satgas Cartenz Sebut Pilot Dibunuh KKB

Kendati demikian, Kombes Bayu memastikan seluruh penumpang yang berada di dalam helikopter dalam kondisi selamat lantaran merupakan warga lokal.

"Untuk identitas penumpang sesuai dengan tampak dan berdasarkan informasi dari lapangan bahwa seluruh penumpang dalam keadaan selamat," jelasnya.

Saat ini, jajaran TNI-Polri serta Polres Mimika, ungkap Bayu, tengah memburu KKB  yang melakukan aksi penyanderaan dan pembunuhan terhadap pilot tersebut.

"Kami akan terus melakukan upaya penegakan hukum terhadap KKB yang melakukan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Operasi Damai Cartenz 2024, Brigjen Faizal Ramadhani membenarkan KKB melakukan penyanderaan dan pembunuhan terhadap pilot Mr. Glen Malcolm Conning, usai mendarat di Distrik Alama, Senin (5/8).

"Benar telah terjadi penyanderaan dan pembunuhan yang dilakukan KKB terhadap Mr. Glen Malcolm Conning yang merupakan pilot Helikopter milik PT Intan Angkasa Air Service," kata Brigjen Faizal, Senin.

Baca Juga: Evakuasi Korban Insiden Helikopter di Mimika Terkendala Cuaca Buruk, Bakal Dilakukan Besok


 




Sumber : Kompas TV/Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x