Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Warga Tempuh 5 Kilometer Demi Dapatkan Air di Dalam Hutan

Kompas.tv - 5 Agustus 2024, 13:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Kekeringan yang sudah berlangsung selama satu setengah bulan, menjadi pergulatan warga Desa Karanganyar, Kecamatan Geyer, Kabupaten Gorbogan, Jawa Tengah. Lelah menanti bantuan air bersih yang belum juga datang, warga mencari solusi sekuat daya.

Pagi dan sore hari, warga menempuh jarak 5 km menuju sumur buatan di sungai kering yang terletak di dalam hutan. Warga berangkat dengan membawa sejumlah jeriken untuk menampung air untuk mandi dan mencuci. Aktivitas yang menyita waktu ini dilakukan warga karena dua sumur buatan sudah mengering.

“Sudah satu bulan lebih ambilnya di sini. Kalau di rumah sudah habis. Terpaksa karena belum ada bantuan yang biasanya sudah ada,” jelas Suwiro, warga Desa Karanganyar.

Kesulitan air bersih telah menjadi masalah warga Desa Karanganyar di setiap musim kemarau. Warga mengharapkan bantuan air bersih ke desa mereka. Untuk jangka panjang, warga menginginkan sebuah embung atau penampungan air yang besar untuk menampung air hujan, agar pada saat musim kemarau warga tidak kesulitan air bersih.

#grobogan #airbersih #kekeringan




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x