Kompas TV regional papua maluku

Sukses Tekuni Usaha Budidaya Jamu Kristal Hingga Capai Omset Jutaan Rupiah

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 19:27 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Budidaya jambu kristal yang di lakukan Ayik seorang petani di Sorong, Papua Barat Daya ini sudah dimulai sejak 2019. Saat itu ia hanya bermodalkan pengetahuan dari media sosial. Dimana dengan ketekunannya pada tahun pertama hasil panennya bisa mencapai dua ton.

Ayik merupakan sarjana lulusan teknik sipil, Ia senang menggeluti usaha pertanian karena bisa menghasilkan keuntungan hingga jutaan rupiah, meskipun ada sejumlah kendala yang dihadapi, namun hal tersebut tidak mematahkan semangatnya untuk terus kembangkan pertanian jambu kristal hingga sukses saat ini.

Pemasaran jambu kristal milik Ayik sudah sampai di luar daerah, seperti Sorong Selatan, Maybrat, dan Bintuni. Ia juga melayani penjualan enceran dengan harga Rp 35,000 per kilogram, jika dihitung-hitung keuntungannya berkisar Rp 35 juta per bulannya.

Saat ini Ayik memiliki enam kebun jambu kristal dua diantaranya yang masih aktif produksi, sementara kebun yang lain ditargetkan produksi di tahun depan. Ia mengaku untuk perawatan tanam jambu kristal harus rutin perawatan dengan pemangkasan dan pembungkusan buah, agar buah yang dihasilkan baik dan bisa dikonsumsi.

Selain jambu kristal, Ayik juga menanam buah semangka, untuk bisa meraih sukses seperti Ayik, dibutuhkan semangat dan kerja keras. Yang diharapkan dapat menjadi contoh bagi anak muda lainnya untuk bisa meraih sukses.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x