Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Diperiksa KPK, Sekda Kota Semarang Akui Berkapasitas Ketua TAPD

Kompas.tv - 2 Agustus 2024, 11:31 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - KPK telah menggeledah kantor dan kediaman Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti dalam kasus dugaan korupsi Pemerintah Kota Semarang. Penggeledahan juga menyasar puluhan kantor Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Kota Semarang, Komisi D DPRD Jawa Tengah, serta kantor pihak swasta. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang Iswar Aminuddin, turut diperiksa KPK dalam kasus dugaan korupsi Pemerintah Kota Semarang. Iswar memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa di kompleks Akpol Semarang pada Selasa 30 Juli 2024.

“Kalau saya kan cuma sebagai Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), saksi bagaimana proses penganggaran, semua normal. Di TAPD kan cuma merencanakan tentang RPJMD kita, kemudian yang tertuang dalam rencana kegiatan pemerintah daerah setiap tahunnya, kan dari hasil evaluasi itu kemudian dari masing-masing OPD mengusulkan anggaran tersebut. Kami tugasnya mengkaji, meneliti tingkat ketercapaian visi misi dalam bentuk penganggaran setiap tahunnya dalam bentuk LKPD, kalau sudah masuk seperti itu sudah selesai tugas kami, bagaimana pelaksanaanya dan apa yang terjadi kan ada di OPD masing-masing,” ujar Iswar.

Iswar mengaku diperiksa sekitar tiga jam oleh tim penyidik, saat diperiksa penyidik KPK di Akpol dirinya berkapasitas sebagai saksi selaku ketua tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

“Kemarin berapa jam ya, banyak istirahatnya saya, karena memang hanya sekedar pertanyaan normal tentang tugas dan fungsi daripada tim TAPD, mungkin sekitar 3 jam. Kemarin yang saya temu Pak Bambang Bapenda ,” imbuhnya

Selain Iswar, sejumlah pegawai Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang juga turut diperiksa, yakni Ketua Bapenda Kota Semarang Indriyasari, Kabid Penagihan Pajak Daerah Bapenda Kota Semarang Bambang Prihartono, Kabid Pendataan dan Pendaftaran Pajak Daerah Bapenda Kota Semarang Binawan Febrianto.

Sebelumnya KPK telah menggeledah kantor dan kediaman Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti dalam kasus dugaan korupsi Pemkot Semarang. Penggeledahan juga menyasar puluhan kantor OPD Kota Semarang, Komisi D DPRD Jateng serta kantor pihak swasta.

 

#kpk #semarang #walikota

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x