Kompas TV regional berita daerah

4 Rumah Hanyut Akibat Erosi Sungai Bone, BWS Sulawesi II Gorontalo Dimita Seriusi dan Beri Solusi

Kompas.tv - 27 Juli 2024, 12:32 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

BONE BOLANGO, KOMPAS.TV - Beginilah kondisi rumah dan pemukiman warga di bantaran Sungai Bone, Desa Tanah Putih, Kecamatan Botupingge, Kabupaten Bone Bolango yang terus terkikis arus sungai bone atau mengalami erosi.

Kepala Desa Tanah Putih mengatakan sudah ada 4 rumah yang hanyut akibat tergerus arus sungai yang semakin mengikis pemukiman warga.

Tanah milik warga yang berada di bantaran sungai ini pun ditegaskan memiliki sertifikat, karena sebelumnya, jarak sungai dengan pemukiman sangat jauh, yakni lebih dari 300 meter.

Namun erosi yang terus terjadi, mengakibatkan aliran sungai terus melebar dan mengikis pemukiman warga hingga saat ini jarak antara rumah warga lainnya dengan sungai hanya berkisar 20 meter.

Adanya aktivitas penambang pasir di wilayah sungai juga dinilai menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan aliran sungai melebar ke pemukiman warga.

Kepala Desa Tanah Putih Asna Rajak pun mengaku sudah sejak lama mengajukan permohonan kepada pihak Balai Wilayah Sungai Sulawesi II Gorontalo agar dicarikan solusi.

Sayangnya, hingga saat ini warga dan Pemerintah Desa bilang tak pernah melihat realisasi atau keseriusan pihak BWS dalam memperhatikan kondisi sungai yang terus mengalami erosi dan membahayakan warga.

Warga yang rumahnya sudah hanyut,  kini hanya bisa mengungsi di tempat tempat fasilitas pemerintah desa serta di rumah kerabat.

1 rumah warga yang berada dekat dengan sungai pun sudah dibongkar secara mandiri oleh pemiliknya karena sudah mulai terkikis arus sungai.

Baca Juga: Dugaan Kasus Mafia Tanah, Ini Alasan BPN Kabupaten Gorontalo Belum Serahkan Warkah Tanah ke Penyidik

Selain kondisi Sungai Bone yang sering menjadi momok menakutkan, Desa Tanah Putih juga kerap dilanda banjir bandang dari atas pegunungan setempat.

Sementara itu, warga yang rumahnya di bantaran Sungai Bone pun mengaku khawatir dengan kondisi sungai yang terus mengalami erosi dan bisa mengancam rumah lainnya apalagi saat musim hujan. 

Pemerintah desa dan warga pun berharap agar bws sulawesi 2 dapat menseriusi kondisi ini dan membangun bronjong atau tanggul beton yang bisa membatasi atau mencegah erosi semakin melebar.

 

#erosi

#sungaibone

#rumahhanyut

#Balaiwilayahsungai

#bonebolango

#gorontalo

 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x