Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jokowi Resmikan Pasar Jongke Solo, Begini Komentar Para Pedagang Pasar

Kompas.tv - 27 Juli 2024, 12:04 WIB
jokowi-resmikan-pasar-jongke-solo-begini-komentar-para-pedagang-pasar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pasar Jongke, Kecamatan Laweyan, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (27/6/2024) pagi (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi akhirnya resmikan pasar Jongke, Solo, Sabtu (27/7/2024). Jokowi tiba bersama Ibu Negara Iriana Jokowi sekitar pukul 07.30 WIB, langsung masuk ke lantai dasar Pasar Jongke.

Setibanya di lokasi, Presiden langsung menyapa warga serta menebar senyum ke para pedagang dan pengunjung pasar. Pedagang sayur, Arini Sofia (43), mengatakan sempat berbincang dengan Presiden Jokowi.

"Tadi tanya harga sembako, harga bawang, cabai. Pak Jokowi tadi kaget harga bawang merah murah banget, harganya Rp 20.000 per kilo," kata Arini Sofia setelah bertemu Presiden Jokowi.

Baca Juga: Respons Jokowi hingga Menkominfo soal Sosok Inisial T Diduga Kendalikan Judi Online - PARASOT

Rehabilitasi Pasar Jongke berupa pembangunan ulang itu digarap dengan lahan 29.000 meter persegi dan anggaran sebesar Rp 124 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pasar baru ini memiliki daya tampung 167 kios, 1.118 los, dan 260 lapak pedagang oprokan. Selain itu, terdapat fasilitas umum lainnya dan kantor-kantor pelayanan publik.  

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini saya resmikan rehabilitasi Pasar Jongke," kata Presiden Jokowi pada Sabtu (27/7/2024) mengutip Kompas.com.

Sebelumnya, pedagang Pasar Jongke sempat dipindahkan sementara selama revitalisasi di pasar darurat, yakni lapangan Jegon, Pajang, dan pedagang lainnya adalah pindahan dari Pasar Kabangan.

"Menurut saya, ini mal saja kalah, tapi yang penting pasar ini memang harus parkir yang baik sehingga nyaman, baik parkir sepeda motor maupun mobil," ujarnya.

Pedagang buah Pasar Jongke, Muslih, mengatakan sangat bersyukur akhirnya Pasar Jongke bisa kembali beroperasi dan menjadi lokasi mata pencarian baginya.

"Alhamdulillah, pasar udah bagus, semoga hari ini ramai. Fasilitas bagus, toilet juga bersih sama buat loading barang juga sudah mumpuni," kata Muslih saat ditemui selama peresmian pasar.

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Shin Tae-yong Golden Visa, Ternyata Ini Sederet Keuntungannya | SINAU

Pedagang yang telah berjualan selama empat tahun ini mengaku takjub dengan perubahan signifikan bangunan Pasar Jongke. Pasar yang berdiri sejak 1992 itu saat ini telah berubah dengan desain megah mirip bangunan kolonial Belanda.


"Dulu kan cuma lantai dasar, sekarang ada dua lantai. Semoga ke depannya tidak banjir lagi. Semoga pedagang bisa menikmati fasiltasnya semua. Yang penting semoga bisa laris," ujarnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x