Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sejumlah Wisatawan di Pantai Teluk Penyu Tersengat Ubur-Ubur

Kompas.tv - 24 Juli 2024, 13:13 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Dalam sepekan terakhir, di Pantai Teluk Penyu, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, muncul sejumlah ubur-ubur di tepi pantai. Karena bentuk dan warnanya menyerupai air, ubur-ubur ukuran kecil ini, tidak terlihat. Bentuknya menyerupai balon plastik, berwarna biru terkadang biru muda dan seperti transparan. Sehingga jika di dalam air, binatang ini tidak terlihat, dan tidak disadari oleh wisatawan yang tengah bermain di pantai.

Akibatnya, sejumlah pengunjung yang bermain di Pantai Teluk Penyu, menjadi korban sengatan ubur-ubur. Korban yang tersengat ubur-ubur akan merasakan perih, nyeri, serta bersamaan agak panas, dan muncul warna kemerahan pada permukaan kulit.


Para korban, yang rata-rata adalah anak-anak, diberi pertolongan pertama oleh petugas di teluk penyu dengan membersihkan area kulit yang terkena sengatan dengan alkohol. Setelah itu, gejala itu akan membaik dalam beberapa jam.

“Kalau orang sini taunya kerawe bentuknya balon ada yang kecil ada yang besar warnannya agak biru, itu kita sampaikan kepada wisata yang masuk ke Pantai Teluk Penyu, kebanyakan anak-anak (yang tersengat) soalnya yang bermain di air anak-anak,” ucap Aris, pengelola Pantai Teluk Penyu

Untuk mengantisipasi sengatan ubur-ubur, pengelola pantai telah menyiagakan sejumlah petugas di sepanjang Pantai Teluk Penyu, dan juga melakukan sosialisasi kepada para pengunjung di pantai tentang ubur-ubur dan bahayannya. Selain itu, petugas medis juga disiagakan di sekitar pantai untuk memberikan pertolongan pertama.

Diduga kemunculan ubur-ubur ini terjadi karena adanya perubahan suhu air laut, karena masa peralihan musim.

#pantaitelukpenyu #uburubur #cilacap




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x