Kompas TV regional berita daerah

Siaga Hadapi Karhutla, Kecamatan Gandus Palembang Siapkan Penampungan Air keliling

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 22:11 WIB
siaga-hadapi-karhutla-kecamatan-gandus-palembang-siapkan-penampungan-air-keliling
Pengecekan kendaraan dan peralatan menghadapi karhutla di Kecamatan Gandus Palembang. (Sumber: Istimewa)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV – Memasuki musim kemarau yang sudah mulai berlangsung saat ini, Pemerintah Tingkat Kecamatan yang ada di Kota Palembang mulai melakukan antisipasi kebakaran hutan dan lahan di daerahnya, terutama di Kecamatan yang banyak terdapat lahan kosong salah satunya di Kecamatan Gandus Palembang.

Sebagai langkah antisipasi lebih awal, pihak Kecamatan Gandus Palembang telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait yang tergabung dalam Forkopimcam. Mengantisipasi Karhutla di wilayahnya, pihak Kecamatan Gandus juga sudah menyiagakan personel gabungan yang terdiri dari pihak Kecamatan, TNI, Polri, serta tenaga Kesehatan. Selain itu, pihak Kecamatan Gandus juga menyiapkan penampungan air keliling yang nanti dipasang di kendaraan trantib.

“Kami menyiapkan penampungan air keliling yang nanti bisa langsung bergerak menuju Lokasi yang sulit dijangkau, apabila ditemukan titik api kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya. Penampungan air tersebut akan kami pasang di mobil trantib,” ujar Jufriansyah, Camat Gandus Palembang.

Untuk peralatan pemadaman, pihak Kecamatan Gandus berkerjasama dengan pihak Pemadam Bahaya Kebakaran Karang Anyar. Pihak Kecamatan Gandus juga akan mendirikan Posko Terpadu yang nanti berlokasi di kantor Kecamatan.

Di Kecamatan Gandus terdapat beberapa titik lahan kosong yang rawan kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau seperti saat ini. Di tahun 2023 yang lalu, sempat terjadi kebakaran di Kawasan Pulokerto Arah Tol Kapal Betung.




Sumber : Kompas TV Palembang




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x