Kompas TV regional papua maluku

Sejumlah Tokoh Yahukimo Sodorkan Nama ke Ketum PAN soal Pilkada, Jika Ingin Tetap Dapat Kursi di DPR

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 22:00 WIB
sejumlah-tokoh-yahukimo-sodorkan-nama-ke-ketum-pan-soal-pilkada-jika-ingin-tetap-dapat-kursi-di-dpr
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan ditemani Mesakh Mirin di Papua (Sumber: Istimewa)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Sejumlah tokoh masyarakat Yahukimo, Papua, mendesak Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau yang akrab disapa Zulhas untuk mengusung tokoh muda sekaligus Anggota DPR RI asal Dapil Papua Mesakh Mirin di Pilkada Yahukimo di Pilkada Serentak 2024.

Dengan sedikit mengancam, jika tidak mendukung Mirin, para tokoh adat menilai, PAN bakal kekurangan suara di Pemilu 2029.

“Jika PAN ingin tetap dapat kursi dan suara di Pemilu 2029, maka harus usung Kakak Mesakh Mirin di Pilkada Yahukimo. Kita tahu, PAN dapat suara di sini karena mereka kader PAN. Jika pindah partai, kami dari Suku  Yali Utara juga ikut pindah dukungan,” tegasnya tokoh adat  Suku Yali Utara Domdange Yando  Selasa (23/7/2024).

Baca Juga: Jokowi sebut PLN Bangun Jaringan Listrik di Perbatasan Wutung, Papua Nugini: Sudah Menyala Hari Ini

“Kita sudah sangat dekat dengan PAN di sini (Yahukimo), sama cintanya kita dengan Kakak Mesakh mirin. Seharusnya PAN langsung merekomendasikan Kakak Mesakh. Kita bertanya-tanya, kenapa sikap PAN belum menentukan siapakah yang diusung sebagai Bupati Yahukimo?” tanyanya.

Hal senada disampaikan tokoh Adat Suku Ngalik Matias Apalek. "Kita ingin Kakak Mesakh Mirin diusung PAN sebagai (calon) Bupati Yahukimo, Saya dengar-dengar Kakak Mesakh akan dicalonkan oleh Partai Gerindra jika PAN jika mau mengusung Kak Mesakh,” ungkap Matias. 

Sementara Ketua DPC Partai Demokrat Yahukimo Yosep Payage dengan tegas mengusulkan nama Mesakh sebagai Bupati Kabupaten Yahukimo 2024. Yosep bahkan memuji Mesakh sebagai tokoh nasional yang sangat peduli dengan persoalan masyarakat Yahukimo.

“Kakak Mesakh anggota DPR RI yang pekerja keras yang berhasil meraih kesuksesan dari titik paling bawah hingga sekarang ada di DPR RI. Beliau aktif di politik dalam artian partai politik, tapi karya beliau luar biasa. Kami dari Demokrat mengapresiasi Kaka Mesakh Mirin yang memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa nanti kita usulkan beliau saja sebab berpotensi Kemenangan itu ada di tangan tokoh terkenal tersebut yaitu Kader PAN," kata Yusef dalam rilisnya kepada media, Selasa (23/7).



Sementara Ketua DPC Partai Hanura Kenius Heselo menilai, Mesakh sebagai sosok yang bisa berjuang bersama-sama dengan Hanura untuk masa depan Yahukimo. Kenius merasa yakin dengan figur Mesakh yang sangat merakyat.

“Saya secara pribadi ikut mendorong dan setuju dengan melirik Kakak maju di Pilkada Yahukimo, Apalagi Kakak Mesakh adalah memang tokoh Indonesia Timur, Kalau bersama Hanura pasti kami ada jalan yang terbaik untuk menang di Pilkada 2024. Kami punya sejumlah alasan mengapa MM (Mesakh Mirin) cocok di lirik jadi Bupati Pertama, Kab Yahukimo. Sebab, kamibutuh harapan baru ke depannya, tokoh-tokoh muda yang energik dan memiliki kapabilitas eliktabelitas dan popularitas yang baik di mata masyarakat Yahukimo ini,” papar Kenius.

Baca Juga: Resmi, Berikut Tahapan dan Jadwal Pilkada Serentak 2024

Sebagai informasi, Gerindra, Hanura, Demokrat sudah menyodorkan Mesakh Mirin sebagai calon Bupati Yahukimo. Sebulan sebelum pendaftaran calon kepala daerah di KPU sejumlah partai politik telah mengeluarkan hasil keputusannya mengusung orang terbaiknya.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x