Kompas TV regional berita daerah

Ratusan Rumah Masih Terendam Banjir Luapan Danau Limboto, Ribuan Jiwa Masih Mengungsi

Kompas.tv - 23 Juli 2024, 13:21 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KABUPATEN GORONTALO, KOMPAS.TV – Ratusan rumah warga yang berada di desa Hutadaa, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo yang masih terendam banjir luapan danau limboto.

Bahkan, sebelum banjir luapan danau limboto yang terparah terjadi, pemukiman di Desa Hutadaa dan Desa Buhu sebelumnya telah direndam selama lebih dari 1 minggu.

Pasca kembali diterjang banjir luapan danau limboto dengan ketinggian air mencapai lebih dari 3 meter pada kamis pekan lalu, kini sudah berangsur surut.

Namun, sudah lebih dari hampir dua pekan, kondisi rumah warga pun kini masih terendam luapan danau limboto.

Kijo Suppu, seorang warga yang rumahnya hingga kini masih terendam banjir mangaku sudah lebih dari 2 minggu air yang merendam rumahnya tak kunjung surut.

Kijo mengatakan, masih banyak rumah warga setempat yang belum bisa ditempati karena kondisi air luapan danau limboto yang masih cukup tinggi.

Hingga kini, warga yang rumahnya masih terendam banjir pun masih memilih bertahan di posko pengusian hingga banjir surut.

Namun ada juga sebagai warga yang memaksa untuk tetap menempati rumah meski masih terendam air, dengan alasan untuk menjaga harta benda.

Selama di posko pengungsian, Kijo Suppu dan pengungsi lainnya mengaku masih terus mendapat bantuan berupa bahan makanan dan kebutuhan lainnya dari pemerintah setempat dan para relawan. 

Sementara itu, Kijo Suppu dan beberapa warga lainnya mengaku belum bisa bekerja sebagaimana mestinya karena kondisi danau yang masih membahayakan dan tidak adanya mata pencaharian lain.

Disisi lain, warga mengaku juga mengaku, barang barang yang ada dalam rumahnya sudah rusak karena lama terendam banjir.

Banjir luapan danau limboto yang sebelumnya merendam ribuan rumah warga di beberapa kecamatan di Kabupaten Gorontalo, kini mulai perlahan surut dan sudah banyak warga yang kembali ke rumah.

Baca Juga: Pasca Banjir di Kota Gorontalo, Relawan Gabungan Gelar Aksi Gerebek Kampung

Sementara itu, dari data sementara di lapangan, masih ada beberapa yang hingga kini masih terendam luapan danau limboto, yakni 2 desa di Kecamatan Telaga Jaya, 2 desa di Kecamatan Limboto, dan sekitar 3 desa di Kecamatan Tilango serta 2 kelurahan di kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Wilayah-wilayah yang hingga kini masih terendam banjir ini merupakan pemukiman yang lokasi berdekatan langsung dengan danau limboto.

Bahkan, warga mengatakan untuk surut bisa memakan waktu yang lama,  yakni kurang lebih hingga 1 bulan lamanya.

Meskipun demikian, pemerintah daerah pun hingga kini masih terus melakukan penanganan dan pendataan terhadap warga yang masih terdampak.

 

#banjirdanaulimboto

#belumsurut

#kabuaptengorontalo

#gorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x