Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Modus Tukar Uang, 2 Bule di Kulon Progo Tipu Penjaga Warung Jus

Kompas.tv - 22 Juli 2024, 16:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Dua orang yang diduga warga negara asing dilaporkan melakukan penipuan di sebuah warung jus di Kelurahan Bendungan, Kapanewo Wates, Kulon Progo, Yogyakarta. Para pelaku beraksi menggunakan modus tukar uang pecahan besar ke pecahan kecil.

Untuk memenuhi permintaan pelaku, korban mengeluarkan uang hasil jualan yang disimpan di dalam plastik dan diikat karet senilai Rp8 juta.

Pelaku turut membantu membuka plastik dengan alasan membantu korban. Tidak berselang lama, pelaku kedua datang untuk mengawasi suasana di depan warung.


Setelah para pelaku pergi korban kembali memeriksa uang hasil penjualan, dan menyadari uang telah berkurang Rp3 juta.

“Dia bawa uang 50 dua sama 100 lama, nah dia bilang mau tukar. Saya kira dia mau tukar seratusan,saya ambil uang seratusan dia nolak maunya yang lama. Habis itu entah kenapa saya ambil uang yang bendelan omset yang kemarin-kemarin. Saya ambil, tangan dia langsung nyopot karet, langsung dia keluarin dari plastiknya, ngotak-ngatik uang itu sambil ngomong bahasa inggris, dan sambil nunjuk nunjuk nomor-nomor seri. Mungkin saya fokus kesitu. Entah kenapa dia selesai dia masukin lagi dan pamit pergi," kata Eni Anggraeni, korban.

"Baru sadarnya setelah saya buat jus. Kebetulan itu ada konsumen datang, setelah pergi saya buat jus buat konsumen. Habis itu saya langsung nata uang kembali, terus saya hitung sudah kurang," tambahnya.

Selain beraksi di wilayah Kulon Progo kedua pelaku juga diduga melakukan aksi serupa di wilayah Gunungkidul , Yogyakarta.

#yogyakarta #kulonprogo #penipuan 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x