Kompas TV regional berita daerah

Terlibat Kasus Korupsi Objek Wisata Benteng Otanaha, Mantan Sekdis Pariwisata Kota Gorontalo Ditahan

Kompas.tv - 20 Juli 2024, 13:53 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV -  Mantan sekretaris Disparpora Kota Gorontalo, Matris Mahmud Lukum resmi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Direktorat Kriminal Khusus Polda Gorontalo karena terlibat kasus korupsi.

Matris yang diketahui berperan sebagai kuasa pengguna Anggaran atau KPA ini diduga melakukan penyimpangan dalam pengerjaan proyek paket peremajaan atau pengembangan fasilitas di objek wisata Benteng Otanaha Kota Gorontalo tahun anggaran 2017, dengan nilai anggaran sebesar 2,2 milyar rupiah.

Dari hasil penyidikan yang dilakukan, tersangka diketahui melakukan proses penandatanganan kontrak tidak sesuai dengan semestinya, dan tidak memberikan surat teguran karena pengerjaan proyek tidak dilakukan oleh personil inti sesuai penawaran yang ada.

Tersangka pun dinilai melakukan proses pembayaran tidak sesuai dengan prosedur, pengerjaan proyek belum rampung namun pembayaran sudah dilakukan 100 persen.

Matris juga meminta agar pihak konsultan pengawas untuk menyatakan bahwa pengerjaan proyek telah mencapai 100 persen pada laporan konsultan pengawas.

Bahkan,dari hasil pemeriksaan ahli konstruksi, ditemukan adanya ketidaksesuaian kualitas dan kuantitas antara pekerjaan yang terpasang dengan hasil pemeriksaan di lapangan yang menunjukan adanya selisih.

Berdasarkan hasil perhitungan dari auditor BPK RI, perbuatan tersangka mengakibatkan kerugian negara hingga lebih dari 800 juta rupiah. 

Baca Juga: Dinas Pertanian Provinsi Bantah Isu Antraks di Gorontalo

akibat tindakan yang dilakukan, kondisi objek wisata benteng otanaha pun saat ini terlihat sudah rusak dan tidak terawat lagi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya tersangka dijerat dengan undang undang tindak pidana korupsi dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun.

Penyidik juga mengatakan masih akan ada potensi keterlibatan pihak lain yang turut bertanggung jawab terhadap proyek peremajaan atau rehabilitasi objek wisata Benteng Otanaha.

 

 

#bentengotanaha

#korupsi

#dinaspariwisata

#kotagorontalo

#poldagorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x