Kompas TV regional papua maluku

Tingkatkan Potensi Pariwisata Lewat Pelatihan Pengelola Homestay dan Ekonomi Kreatif Kriya

Kompas.tv - 19 Juli 2024, 21:07 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Selain Raja Ampat di Papua Barat Daya ada sejumlah destinasi wisata yang menarik, namun untuk pengelolaannya masih kurang maksimal. Hal inilah yang membuat dinas pariwisata dan ekonomi kreatif melaksanakan pelatihan dan sertifikasi skema room bagi pengelola homestay dan pelatihan pengembangan sumber daya manusia pelaku ekonomi kreatif bagi pengrajin kriya khusus Orang Asli Papua, di Aimas Kabupaten Sorong.

Pelatihan yang diberikan ini meliputi praktek langsung tata cara mengelolah homestay dan membuat kerajinan tangan berbahan dasar dari alam. Dengan tujuan terciptanya Sumber Daya Manusia di bidang pariwisata, yang memiliki keahlian, pengetahuan dan sikap yang berdaya saing, untuk mendukung peningkatan mutu produk pariwisata, pelayanan, dan pengelolaan kepariwisataan di Papua Barat Daya.

Sementara itu, salah satu peserta pengelola homestay di Kabupaten Tambrauw, Yunita Mambrasar mengatakan, alasannya untuk mengikuti pelatihan ini untuk mendapatkan pengetahuan dalam mengembangkan homestaynya, agar lebih baik dengan tata cara kelola yang menarik wisatawan.

Dengan harapan kedepannya ada dukungan pemerintah untuk memperhatikan homestay masyarakat lokal di pesisir daerahnya, yakni di Kampung Werur, Kabupaten Tambrauw.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x