Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Harga Cabai Rawit Setan Naik 100 Persen

Kompas.tv - 18 Juli 2024, 09:25 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Dari pantauan di Pasar Tradisional Karangayu, Kota Semarang pada Selasa (16/07/2024,) harga cabai rawit merah atau cabe rawit setan saat ini mencapai Rp 60.000 per kilogram. Menurut pedagang, kenaikan harga cabe rawit setan ini terjadi secara bertahap sekitar empat hari lalu. Sebelumnya, harga cabe rawit setan hanya Rp 27.000 hingga Rp 30.000 per kilogram.

Selain harganya yang merangkak naik, kualitas cabai rawit merah saat ini juga kurang bagus. Menurunnya stok dan kualitas cabai rawit merah ini diperkirakan dampak dari hasil panen petani menurun akibat gagal panen yang dipengaruhi faktor cuaca.

Untuk menekan kerugian akibat menurunnya minat pembeli dan kualitas cabai yang mudah busuk, pedagang banyak yang memilih mengurangi pasokan. Yati, salah satunya yang memutuskan mengurangi pasokan cabe. Dari semula biasa menyetok 30 kilogram cabe rawit setan per hari, kini hanya memasok 10 kilogram.

"Cabai rawit merah sekarang Rp 60.000, empat hari yang lalu harganya Rp 30.000. Dari petani produksinya berkurang," ujar Yati, pedagang.

Kenaikan harga cabe ini tak hanya dikeluhkan oleh pedagang, namun juga konsumen. Diperkirakan harga cabai rawit merah masih akan naik. Sementara untuk jenis cabai lain, bawang, dan sayuran, harganya masih stabil.

#kotasemarang #hargacabai #cabairawit




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x