Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jemput Bola, Pengobatan Gratis di Grobogan Dilakukan Door to Door

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 10:37 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GROBOGAN, KOMPAS.TV - Sejumlah petugas kesehatan di Grobogan melakukan pengobatan gratis secara door to door, atau dari satu rumah ke rumah warga lainnya untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Sasarannya adalah warga lansia, kurang mampu, yang sulit mendatangi fasilitas kesehatan.

Satu per satu rumah warga yang memiliki masalah kesehatan, di sambangi para petugas kesehatan. Mereka rata-rata warga lansia kurang mampu yang menjadi prioritas untuk pengecekan penyakit gula darah, kolesterol dan darah tinggi.

Pengobatan door to door ini dilakukan kepada warga lansia yang kondisinya sudah kesulitan beraktivitas. Sebagian dari warga lansia akan dijemput oleh petugas kesehatan menuju pos pengobatan. Sementara warga lansia yang masih bisa berjalan, diminta untuk mendatangi pos pengobatan gratis yang rutih dilaksanakan setiap Jumat, di rumah salah satu warga di Desa Papanrejo, Kecamatan Gubug, Grobogan, Jawa Tengah.

Jika hasil pemeriksaan kesehatannya ternyata dibutuhkan obat khusus, maka petugas akan mengirimkan obat ke rumah-rumah warga dan tentunya tanpa dikenai biaya.

“Sebenarnya program homecare ini sudah sering kita lakukan dan ini kegiatan rutin setiap Jum'at pagi. Selain pengobatan gratis, juga ada homecare dimana kita jemput pasien yang sakit bersama tim medis, yang jelas pasien yang kondisinya tidak mungkin dibawa dan lemah,” ucap Solihin, Ketua Yayasan Amelia Syakila.

Ratusan warga lansia pun langsung memanfaatkan pemeriksaan kesehatan ini, apalagi pengobatan ini bisa mereka dapat tanpa harus mengeluarkan uang, di mana kebutuhan sehari-hari yang pokok saja sudah dirasa sulit bagi warga.

“Senang, karena gratis dan sangat membantu bagi orang-orang yang kurang mampu,” tutur Siti Kartinah, warga lansia.

Kegiatan kepedulian kesehatan warga kurang mampu ini dilakukan, untuk membantu meringankan beban warga khususnya yang sedang mengalami gangguan kesehatan atau sakit, sebagai bentuk kontribusi para petugas kesehatan yang tergabung dalam Yayasan Amelia Syakila kepada warga kurang mampu. Setiap pelaksanaan pengobatan gratis, ada sekitar 200 warga yang datang ke  pos pengobatan. Sementara untuk warga lansia, yang didatangi langsung ke rumah sekitar lima hingga sepuluh pasien.

#pengobatangratis #grobogan #yayasanamelia
 




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x