Kompas TV regional berita daerah

Cerita Warga Korban Banjir Luapan Danau Limboto, Tak Ada Barang yang Terselamatkan

Kompas.tv - 16 Juli 2024, 12:41 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KABUPATEN GORONTALO, KOMPAS,TV - Banjir luapan Danau Limboto menjadi momok menakutkan bagi warga yang berada di beberapa kecamatan di Kabupaten Gorontalo yang berdekatan dengan danau limboto.

Hujan deras yang terjadi beberapa hari terakhir pun membuat Danau Limboto meluap dan membuat ribuan rumah warga terendam banjir.

Banjir luapan danau limboto yang terjadi kali dinilai menjadi yang terparah dari beberapa kejadian sebelumnya.

Luapan Danau Limboto yang semakin meluas dan ketinggian hingga mencapai 3 meter ini pun memaksa warga setempat untuk mengungsi dan meninggalkan rumah beserta harta bendanya.

Teny Ibrahim, wanita paruh baya warga di Desa Hutadaa, Kecamatan Telaga Jaya, Kabupaten Gorontalo merupakan salah satu korban banjir luapan danau limboto.

Menurut Teny, air danau saat itu meluap dengan cepat disertai arus yang deras, sehingga Teny dan keluarganya hanya bisa menyelamatkan diri.

Tak ada satupun harta benda miliknya yang bisa diselamatkan, bahkan seluruh kerabat dan keluarganya pun ikut menjadi korban luapan danau limboto.

Sejak air danau meluap dan merendam rumahnya serta ribuan rumah warga lainnya, Teny mengaku langsung mengungsi dan hingga kini Teny sudah mengungsi selama 5 hari.

Beruntung, di posko pengungsian, Teny dan pengungsi lainnya mendapatkan berbagai pelayanan, mulai dari bantuan makanan, kebutuhan bayi hingga pelayanan kesehatan.

Meski demikian, Teny pun tak mampu menahan tangisnya saat menceritakan kondisi rumah dan harta bendanya yang sudah tidak terselamatkan.

Baca Juga: Warga Korban Banjir Luapan Danau Limboto di Pengungsian Mulai Terserang Penyakit

Banjir luapan danau limboto yang membutuhkan waktu lama untuk surut, memaksa teny dan warga lainnya harus mengungsi di posko pengungsian hingga air benar benar surut, yakni selama 2 hingga 3 bulan kedepan.

Di posko pengungsian banyak terlihat anak anak dan bayi yang kini membutuhkan susu dan keperluan bayi lainnya.

Untuk keperluan sehari hari, Teny dan para pengungsi lainnya pun kini hanya berharap bantuan dari pemerintah.

Kedepan, warga yang berada di posko pengungsian berharap agar bantuan yang diberikan berupa bahan makanan yang bisa bertahan lama.

 

#bajirdanaulimboto

#gorontalo

#danaulimboto

#kabupatengorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x