Kompas TV regional berita daerah

Warga Korban Banjir Luapan Danau Limboto di Pengungsian Mulai Terserang Penyakit

Kompas.tv - 16 Juli 2024, 10:22 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KABUPATEN GORONTALO, KOMPAS.TV - Ribuan warga dari Kecamatan Tilango,Telaga Jaya, Limboto, Batudaa, dan sebagian di Kecamatan Telaga Biru yang terdampak banjir masih mengungsi di beberapa titik posko pengungsian yang disediakan di masing masing kecamatan.

Beberapa hari mengungsi, sejumlah pengungsi kini mulai mengalami gejala penyakit kulit seperti gatal gatal dan juga mulai mengalami demam.

Para pengungsi mengaku sering merasa kedinginan saat di posko pengungsian karena minimnya selimut serta pakaian, akibat seluruh harta benda yang tidak terselamatkan.

Warga yang mengungsi pun kini membutuhkan obat-obatan seperti salep serta obat lainnya serta pakaian atau selimut.

Meskipun demikian, disetiap posko pengungsian, pemerintah daerah telah menyiapkan tim kesehatan.

Bahkan, bagian kaki sejumlah pengungsi pun terlihat mulai mengalami luka karena gatal-gatal.

Sementara itu BPBD Provinsi Gorontalo serta maupun BPBD Kabupaten Gorontalo bersama stakeholder terkait lainnya pun masih akan terus melakukan penanganan terhadap korban banjir luapan danau limboto selama 7 hari kedepan.

Kabid kedaruratan dan logistik BPBD Provinsi Gorontalo pun mengatakan, memang sejumlah warga yang berada di posko pengungsian kini sudah mulai mengalami gejala sakit. 

Baca Juga: Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara Soroti Fenomena Pembuatan Undang-Undang yang Kilat di DPR

Melihat kondisi ini, BPBD pun terus berkoordinasi dengan pihak kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan atau memulihkan kesehatan warga yang mulai sakit.

Berdasarkan data BPBD, kebutuhan makanan siap saji bagi para pengungsi korban banjir luapan danau limboto mencapai 25 ribu paket per hari.

Sementara dapur umum milik Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Gorontalo hanya sekitar 3 ribu paket per hari, sehingga makanan siap saji dan bantuan lainnya juga dibebankan kepada pemerintah kecamatan masing masing.

Tak hanya dari pemerintah namun sejumlah, relawan yang turut membantu dalam memberikan bantuan kepada para korban banjir.

 

#banjirgorontalo

#danaulimboto

#gorontalo

#kabupatengorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x