Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Gibran Minta Sekda Cari Tahu Mekanisme Mundur dari Jabatan Wali Kota Surakarta, Kapan Mundur?

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 20:10 WIB
gibran-minta-sekda-cari-tahu-mekanisme-mundur-dari-jabatan-wali-kota-surakarta-kapan-mundur
Dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep serta menantu Bobby Nasution. Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka diisukan akan mundur dari jabatannya. Isu ini mencuat usai Gibran meminta jajarannya mencari tahu cara mengundurkan diri dari jabatan wali kota Surakarta. (Sumber: Instagram kaesangp)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

SURAKARTA, KOMPAS.TV - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka diisukan akan mundur dari jabatannya. Isu ini mencuat usai Gibran meminta jajarannya mencari tahu cara mengundurkan diri dari jabatan wali kota Surakarta.

Gibran diketahui meminta Sekretaris Daerah (Sekda) Surakarta Budi Murtono mencari tahu mekanisme tersebut. Budi bersama rombongan pun menyambangi Kementerian Dalam Negeri RI untuk berkonsultasi mengenai hal itu pada Jumat (12/7/2024).

"Hasil konsultasinya lisan saja. Kami diberikan beberapa informasi terkait hal itu. Itu sudah kami catat dan laporkan ke Pak Wali Kota (Gibran),” kata Budi di Balai Kota Surakarta, Senin (15/7).

Baca Juga: Beredar Draf Susunan Kabinet Prabowo-Gibran, Ini Kata Eks Wakil Sekretaris TKN: Nanti Jelang Oktober

Dari konsultasi bersama Kemendagri, Budi menyebut Gibran mesti mengajukan permohonan lebih dulu ke DPRD Kota Surakarta. Setelah itu, surat izin mundur harus diurus Gibran ke Mendagri dan Gubernur Jawa Tengah.

Anak Presiden RI Joko Widodo itu baru resmi mundur jika serangkaian mekanisme tersebut telah disetujui. Kemudian, Kota Surakarta akan menunjuk pelaksana tugas (plt) wali kota untuk menggantikan Gibran.

"Setelah izinnya turun, nanti Pak Wakil Wali Kota (Teguh Prakosa) akan ditunjuk menjadi plt wali kota," kata Budi dikutip Kompas.id.

Sementara itu, Gibran enggan menjawab banyak saat ditanya apakah dirinya akan mundur dari jabatan wali kota Surakarta. Saat ditanya wartawan mengenai isu tersebut, Gibran sebatas berkata "nanti saja."

"Nanti saja, ya. Nanti lihat saja ya," kata Gibran dikutip Antara.

Gibran pun enggan menjawab soal pertimbangan mundur dari jabatan wali kota dan sebatas mengulangi frasa "nanti saja." "Nanti saja ya soal itu," kata Gibran.


Gibran sendiri baru akan dilantik menjadi wakil presiden pada Oktober 2024 mendatang. Kakak dari Kaeasang Pangarep ini memenangkan Pilpres 2024 bersama Prabowo Subianto.

Baca Juga: Respons Penembakan Donald Trump, Istana Pastikan Keamanan Presiden Jokowi Jadi Prioritas Tertinggi




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x