Kompas TV regional papua maluku

Mengenal Sejumlah Pakaian Adat dari Papua yang ada di Rumah Etnik Kabupaten Sorong

Kompas.tv - 13 Juli 2024, 22:11 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Rumah Etnik Papua berlokasi di Aimas Kabupaten Sorong, selain menjadi tempat wisata. Tempat ini juga mengenalkan pakaian adat Papua dari beberapa suku, yang dapat digunakan pengunjung untuk berswafoto.

Ada beberapa jenis pakaian adat Papua yang tersedia di rumah etnik, antara lain pakaian adat dari masyarakat Papua Pegunungan, masyarakat Biak di Pesisir Papua, masyarakat Moi di Sorong Papua Barat Daya, dan Asmat di Papua Selatan. Selain itu ada juga sejumlah pakaian adat dari daerah lainnya di Papua.

Bahan pakaian adat Papua ini berasal dari alam, misalnya rumbai untuk menutup bagian tubuh bahwa wanita yang berasal dari pucuk sagu, ada juga dari alang-alang, sedangkan atasan wanita menggunakan noken yang dirajut dari serat kulit kayu. Sementara untuk pria, menggunakan koteka yang dibuat dari buah labu tua, yang telah dibersihkan dan dikeringkan, serta dibuat meruncing. 

Nantinya akan digunakan aksesoris tambahan seperti mahkota di kepala yang juga berasal dari alam, kemudian kalung dari kerang ditambah dengan hiasan kaki dan tangan. Selain itu tumbuh wanita dan pria juga akan dicat dengan ukiran Papua.

Selain itu ada juga pakaian adat dari masyarakat Moi di Sorong Papua Barat Daya yang biasa digunakan perempuan  kain tenun timur  sedangkan untuk pria bawahannya akan memakai kain merah. Sedangkan untuk pakaian adat suku biak yang pria badannya akan diukir sedangkan bawahannya menggunakan cawat, bagi wanita menggunakan kain sarung.

Busana adat Papua yang ditampilkan ini bertujuan untuk mengingatkan warisan budaya Papua, agar tidak punah dan akan selalu diingat oleh generasi muda dan masyarakat.

Tidak hanya busana, namun ada juga museum di rumah etnik yang memajang benda-benda bersejarah, seperti patung asmat, piring gantung, rajutan noken dari kulit kayu dan benang, ada juga tifa, koteka dan beberapa benda lainnya.

Pengunjung yang datang cukup terpesona dengan keindahan rumah etnik yang bernuansa budaya Papua, karena ada beberapa jenis rumah adat yang bisa digunakan untuk berfoto dan juga bisa secara langsung menggunakan pakaian adat beberapa daerah di Papua.

 

 

 

==========================

Music track: Hawaii by Waesto

Source: https://freetouse.com/music

Music for Video (Free Download)

==========================




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x