Kompas TV regional berita daerah

Melestarikan Musik Tradisional Bambu

Kompas.tv - 13 Juli 2024, 16:16 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Usia senja tak menghalangi para lanjut usia di Kecamatan Lore Tengah ikut berpartisipasi dalam seni musik. Uniknya, para lansia ini mahir dalam memainkan musik tradisional bambu.

Hampir setiap kegiatan atau upacara adat, kumpulan musisi yang sebagian telah lanjut usia ini tampil. Masing-masing mahir dalam memainkan alat musik yang berbahan baku dari bambu

Lantunan lagu khas daerah lancar dilantunkan oleh sekelompok musisi di Kecamatan Lore Tengah. Para musisi ini berasal dari beberapa desa di Kecamatan Lore Tengah.

Regenerasi pemain musik bambu pun telah dilakukan. Dalam setiap kelompok musik bambu selalu ada lansia dan beberapa anak muda.

Ruben salah satu Dirigen sekaligus pelatih musik bambu bilang untuk menjadi pemain musik bambu perlu banyak latihan dan peka terhadap bunyi yang dihasilkan alat musiknya.

Ruben sendiri kini telah berusia 70 tahun. Dalam beberapa kesempatan Ruben dan beberapa pelatih mulai mengajarkan musik bambu pada generasi muda. Musik bambu khas dari Lembah Behoa ini ternyata menarik minat beberapa pemerhati musik tanah air.

Menurut cerita Ruben, musik bambu di Lembah Behoa ini telah ada sejak tahun 1947, hingga kini musik bambu masih dilestarikan dengan dimainkan setiap kegiatan desa.

#MusikBambu #AlatMusikTradisional #LembahBehoa

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x