Kompas TV regional berita daerah

Berwisata di Situs Megalitik Pokekea

Kompas.tv - 13 Juli 2024, 16:13 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Sulawesi Tengah memiliki ribuan situs megalitik, salah satunya di situs cagar Budaya Megalitik Pokekea Desa Hanggira Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso. Di lokasi ini terdapat ratusan situs dengan berbagai jenis Megalitik.

Udara pagi masih terasa sejuk, kabut masih tampak di sisi bukit padang Lembah Behoa. Indahnya pemandangan menambah warna ketika berwisata di situs Megalitik Pokekea.


Situs cagar budaya ini terletak di Desa Hanggira Kecamatan Lore Tengah Kabupaten Poso. Situs Megalitik Pokekea ini hanya salah satu dari sekian banyak situs Megalitik yang terdapat di Lembah Behoa.

Hasil penelitian aneka Megalitik di Situs Pokekea ini telah berusia sekitar 3000 tahun. Dari kejauhan hanya terlihat seperti batu biasa. Namun ketika melihat lebih dekat di permukaan batu itu banyak terdapat ukiran-ukiran.

Menurut Sunardi, Juru Pelihara Situs Pokekea, di lokasi ini ada berbagai jenis Megalitikum. Mulai dari Batu Dakon, Kalamba, Arca, Lumpang batu dan lainnya. Setiap jenis memiliki fungsi tersendiri. Mulai dari cara melihat kalender, sampai tempat pemakaman orang zaman dulu.

Situs Megalitik Pokekea ini menjadi salah satu potensi wisata di Kabupaten Poso. Pengunjung Situs Pokekea, Nur Salina bilang, potensi Ekowisata di lokasi ini sangat besar.

Situs Megalitik Pokekea ini tidak saja menarik wisatawan. Dalam beberapa kesempatan ada beberapa peneliti yang datang untuk melakukan penelitian tentang peradaban zaman dulu.

Selain Situs Megalitik Pokekea, ada beberapa situs yang tersebar di wilayah Kabupaten Poso dan Kabupaten Sigi. Banyak situs Megalitik itu membuat pemerintah daerah memakai slogan 1000 megalit untuk wisata di Sulawesi Tengah.

#Magalith #LembahBehoa #Ekowisata 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x