Kompas TV regional berita daerah

Lebih Dari 20 Ribu Jiwa & Ribuan Rumah di Kabupaten Gorontalo Terdampak Banjir Luapan Danau Limboto

Kompas.tv - 13 Juli 2024, 13:19 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KABUPATEN GORONTALO, KOMPAS.TV -  Beginilah kondisi ribuan rumah warga yang berada di Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo yang nyaris tenggelam akibat direndam banjir hingga ketinggian lebih dari 3 meter.

Banjir yang nyaris menenggelamkan ribuan rumah warga ini merupakan dampak dari meluapnya air danau limboto pasca diguyur hujan lebat beberapa hari kemarin.

Luapan Danau Limboto ini pun berdampak di 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Tilango, Kecamatan Telaga Jaya dan Kecamatan Limboto.

Bahkan, dari 8 desa yang ada di Kecamatan Tilango, hanya 1 desa yang tidak terendam banjir.

Parahnya,di beberapa desa ketinggian air mencapai lebih dari 3 meter dan sudah sampai di atap rumah warga.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Gorontalo, di Kecamatan Tilango, ada sebanyak 1.236 rumah dan 5.819 jiwa atau 1.667 kepala keluarga yang terdampak banjir luapan Danau Limboto.

Di Kecamatan Telaga Jaya sebanyak 3.056 jiwa jiwa dan 518 rumah warga yang terdampak,sementara di kecamatan limboto yang terdampak luapan air danau limboto ada sebanyak 1.717 jiwa dan 231 rumah yakni di desa kayubulan.

Secara keseluruhan, ada 11 kecamatan di Kabupaten Gorontalo yang terdampak banjir akibat curah hujan yang lebat.

Dari 11 kecamatan itu, BPBD Kabupaten Gorontalo mencatat ada sebanyak 20.904 jiwa atau 6.152 kepala keluarga dan 4.061 rumah yang terdampak banjir.

Asisten administrasi umum Kabupaten Gorontalo mengatakan telah menyiapkan beberapa titik pengungsian dan bantuan makanan siap saji untuk korban banjir di masing masing kecamatan.

meskipun sudah disediakan posko pengungsian, sejumlah warga pun enggan untuk mengungsi dan memilih bertahan di rumah.

Untuk korban yang tidak mengungsi, pemerintah setempat pun berusaha menyalurkan bantuan makanan siap saji menggunakan perahu.

Baca Juga: Pemerintah Provinsi Tetapkan Status Tanggap Darurat Banjir di Gorontalo

Banjir luapan Danau Limboto yang merendam ribuan rumah di 3 kecamatan di Kabupaten Gorontalo ini pun dinilai menjadi yang terparah.

Warga pun mengaku,  banyak harta benda dalam rumah yang tidak bisa diselamatkan, karena air yang sudah mencapai 3 meter,  meskipun ada beberapa warga yang masih berusaha mengevakuasi mandiri harta bendanya.

Kini warga hanya berharap bantuan makanan dan pakaian dari pemerintah setempat, di posko pengungsian para pengungsi pun mengaku cukup kesulitan air bersih.

Warga yang terdampak luapan air Danau Limboto ini mengaku pasrah karena air luapan tersebut akan surut setelah 2 hingga 3 bulan.

 

#banjirluapandanaulimboto

#banjir

#danaulimboto

#gorontalo




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x