Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Usai Jaring Benih Bening Lobster di Kulon Progo, 2 Nelayan Ditangkap

Kompas.tv - 11 Juli 2024, 10:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Dua nelayan asal Pacitan, Jawa Timur diamankan di kawasan Pantai Congot, Kapanewon Temon, Kulon Progo, Yogyakarta, Selasa (09/07/2024) pagi. Keduanya kedapatan menangkap Benih Bening Lobster (BBL) di perairan wilayah Kulon Progo.

Nelayan asal Pantai Congot, Kulon Progo, Yogyakarta langsung menggerebek kapal nelayan asal Pacitan, Jawa Timur, saat tengah menangkap Benih Bening Lobster (BBL) di Pantai Selatan Kulonprogo. Kedua nelayan pun tak berkutik, hingga akhirnya pasrah saat digiring ke tepian pantai oleh nelayan asal Pantai Congot.

Petugas gabungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kulonprogo, anggota Pos TNI Angkatan Laut (AL), serta Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) langsung mengamankan kedua pelaku dan menyerahkan ke Pol Polairud Pantai Glagah. Dari hasil penyelidikan, kedua nelayan diketahui asli dari Cilacap , Jawa Tengah namun tinggalnya di Pacitan, Jawa Timur.

Aksi kedua pelaku ini sudah dicurigai nelayan setempat karena melihat peralatan yang digunakan. Keduanya diketahui telah menjaring sebanyak 96 ekor benih bening lobster yang nilainya sekitar Rp 20.000 per ekor, dengan total diperkirakan mencapai Rp 1,5 juta.

“Memang sudah saya pantau itu malem jam 21.00 WIB dan saya udah tau kalau lagi nyari BBL, makanya pagi-pagi banget saya melaut untuk mengamankan pelaku. Waktu saya tanya, ternyata benar nyari BBL. Saya suruh untuk menepi, saya minta saran kepada Dinas Kulon Progo dan Polairud akhirnya disarankan untuk mendarat,” tutur Nur Ahmad, nelayan Pantai Congot.

“Hasil temuan ada 96 ekor BBL yang didapat semalam dan itu kelompok masyarakat pengawas dari nelayan Congot berkoordinasi dengan teman-temannya untuk dilaporkan kepada pihak-pihak terkait,” ucap Wakhid, Kabid Perikanan Tangkap DKP Kulon Progo.

Nelayan di Kulon Progo sendiri sebenarnya sudah lama resah karena banyak nelayan dari luar daerah yang menjaring benih bening lobster di perairan kawasan DIY. Sementara benih bening lobster yang berhasil diamankan, selanjutnya dilepasliarkan di kawasan Pantai Bugel, Kapanewon Panjatan, Kulon Progo.

#benihlobster #kulonprogo #nelayancongot




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x