Kompas TV regional bali nusa tenggara

Harga Eceran BBM Jenis Pertalite di Labuan Bajo Capai Rp35 Ribu Per Liter

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 12:28 WIB
harga-eceran-bbm-jenis-pertalite-di-labuan-bajo-capai-rp35-ribu-per-liter
Antrean kendaraan yang akan membeli bahan bakar minyak di salah satu stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Labuan Bajo, (Sumber: Kompas.com/Nansianus Taris)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

LABUAN BAJO, KOMPAS.TV – Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite di Kota Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) mencapai Rp35 ribu per liter di tingkat pedagang eceran.

Lonjakan harga di Tingkat pengecer itu terjadi setelah Masyarakat kesulitan memperoleh BBM sejak Sabtu (6/7) hingga Senin (8/7/2024).

Meski mereka kesulitan memperoleh BBM, sejumlah pedagang eceran masih memiliki stok untuk dijual, namun dengan harga yang lebih tinggi.

Para pedagang eceran pun menaikkan harga BBM jenis pertalite. Dari sebelumnya dijual Rp 20.000 menjadi Rp 30.000 hingga Rp 35.000 per liter.

Baca Juga: Harga BBM Pertamina Terbaru 1 Juli 2024: Pertalite dan Solar Stabil, Pertamax?

"Gara gara kelangkaan ini, kami tadi di depan SPBU Pasar baru beli bensin eceran yang botol besar harganya Rp 30.000," kata Irma, seorang warga Labuan Bajo, Senin (9/7/2024) sore, dikutip Kompas.com.

Ia mengaku terpaksa membeli BBM yang dijual eceran itu karena ada urusan penting di luar. Meski demikian, ia mengaku kesal dengan langkanya BBM di kota wisata tersebut.

"Berat kalau kondisi ini terus dibiarkan. Bisa-bisa lumpuh ekonomi. Di depan SPBU panjang sekali antreannya," tambahnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Manggarai Barat, Gabriel Baung, mengimbau masyarakat agar tidak menimbun BBM.

Baca Juga: Harga Pertalite dan Solar Dipastikan Tidak Naik Juli 2024, Pertamax hingga BBM Nonsubsidi?

"Kita minta masyarakat jangan manfaatkan situasi ini dengan menimbun BBM," ujar Gabriel, Senin malam.

Masyarakat pun diimbaunya untuk tetap sabar menghadapi situasi itu. Pemerintah terus berupaya serta berkoordinasi dengan Pertamina untuk mengatasi kondisi langkanya BBM di Labuan Bajo.


 




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x