Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Rute dan Aturan Kegiatan Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta Sambut 1 Suro, Ditandai Lonceng 12 Kali

Kompas.tv - 7 Juli 2024, 09:47 WIB
rute-dan-aturan-kegiatan-mubeng-beteng-keraton-yogyakarta-sambut-1-suro-ditandai-lonceng-12-kali
Foto arsip. Lampah Mubeng Beteng Kraton Jogja, tradisi peringatan 1 Suro di Kota Yogyakarta. (Sumber: Humas Jogja)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Paguyuban Abdi Dalem Keraton Yogyakarta didukung oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadwalkan pelaksanaan Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka memeringati Tahun Baru Islam/Tahun Baru Jawa 1 Muharram 1446 H/1 Sura Je 1958, Minggu malam ini (07/07) pukul 23.00 WIB.

Mubeng memiliki arti keliling, dan beteng berarti benteng. Sesuai dengan namanya, mubeng beteng adalah kegiatan berjalanan kaki mengelilingi tembok benteng Keraton Yogyakarta. 

Baca Juga: Peringati 1 Suro 2024, Keraton Yogyakarta Gelar Acara Mubeng Beteng, Ini Jadwal dan Tata Tertibnya

Mengutip unggahan di akun Instagram @kratonjogja.event  pada 2 Juli 2024, ada beberapa aturan untuk ditaati oleh warga masyarakat yang ingin mengikuti acara itu.

“Masyarakat dipersilakan berpartisipasi dengan mengenakan busana rapi, tidak mengenakan celana pendek, dan berlaku tertib (tidak berbicara) selama prosesi Mubeng Beteng berlangsung,” demikian tertulis dalam unggahan.

Kegiatan tersebut akan diawali dengan pembacaan Macapat bakda Isya di Pelataran Kamandungan Lor (Keben) dan dilanjutkan dengan persiapan Mubeng Beteng pada pukul 23.00 WIB.

Baca Juga: Jadwal Acara Malam 1 Suro di Yogyakarta, dari Mubeng Beteng hingga Jenang Suran

Prosesi Mubeng Beteng akan dimulai pukul 24.00 WIB atau menjelang Senin (08/07) dini hari, ditandai dengan bunyi lonceng jam sejumlah 12 kali.

Rute Mubeng Beteng yakni Kamandungan Lor (Keben) - Ngabean - Pojok Beteng Kulon - Jl. MT Haryono - Pojok Beteng Wetan - Brigjen Katamso - Jalan Ibu Ruswo - Alun-alun Utara - Kembali ke Keraton.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x