Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Peringati 1 Suro 2024, Keraton Yogyakarta Gelar Acara Mubeng Beteng, Ini Jadwal dan Tata Tertibnya

Kompas.tv - 4 Juli 2024, 13:10 WIB
peringati-1-suro-2024-keraton-yogyakarta-gelar-acara-mubeng-beteng-ini-jadwal-dan-tata-tertibnya
Tradisi Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta untuk memperingati 1 Suro/1 Muharam. (Sumber: kratonjogja.id)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Abdi Dalem Keraton Yogyakarta akan melaksanakan Tapa Bisu Lampah Mubeng Beteng pada Minggu (7/7/2024).

Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta dilaksanakan pada Minggu mulai pukul 23.00 WIB dimulai dari Halaman Kamandungan Lor (Keben).

"Memperingati Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Jawa 1 Muharram 1446 H yang dikenal sebagai 1 Suro, paguyuban Abdi Dalem Keraton Yogyakarta akan melaksanakan Tapa Bisu Lampah Mubeng Beteng di Keraton Yogyakarta pada Minggu 7 Juli 2024," tulis akun resmi @kratonjogja, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga: Rute Kirab Pusaka 1 Suro 2024 di Keraton Kasunanan Surakarta, Ini Jadwalnya

Hajad Kawula Dalem Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta akan diawali dengan pembacaan Macapat setelah waktu isya di Pelataran Kamandungan Lor (Keben).

Agenda dilanjutkan dengan persiapan Mubeng Beteng pada pukul 23.00 WIB.

Bagi masyarakat yang ingin mengikuti acara Mubeng Beteng 2024, harap memperhatikan tata tertib agar tidak mengganggu Hajad Dalem.

Masyarakat dipersilakan berpartisipasi dengan mengenakan busana rapi, tidak mengenakan celana pendek, dan tidak berbicara selama proses Mubeng Beteng berlangsung.

Baca Juga: Deretan Mitos Larangan Malam 1 Suro 2024 Menurut Budaya Adat Jawa

Apa Itu Tradisi Mubeng Beteng?

Dilansir laman resmi Keraton Yogyakarta, Mubeng Beteng merupakan lampah budaya sebagai sarana masyarakat melakukan introspeksi atas apa yang sudah terjadi di tahun sebelumnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x