Kompas TV regional sumatra

KKJ Desak Kapolda Sumut dan Panglima TNI Usut Tuntas Kasus Kebakaran yang Tewaskan Wartawan di Karo

Kompas.tv - 2 Juli 2024, 12:12 WIB
kkj-desak-kapolda-sumut-dan-panglima-tni-usut-tuntas-kasus-kebakaran-yang-tewaskan-wartawan-di-karo
Ilustrasi. KKJ Sumut menyatakan enam sikap atas kasus kebakaran yang menewaskan wartawan Tribrata TV, Rico Sempurna Pasaribu, dan tiga anggota keluarganya di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. (Sumber: Envato)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) Sumatera Utara (Sumut) menyatakan enam sikap terkait kasus kebakaran yang menewaskan wartawan Tribrata TV, Rico Sempurna Pasaribu, dan tiga anggota keluarganya di Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumut. 

KKJ Sumut yang terdiri dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sumut, Pewarta Foto Indonesia (PFI)  Medan dan Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), mendesak Kapolda Sumut untuk mengusut tuntas kasus kebakaran tersebut.

"Meminta Kapolda Sumut untuk mengusut tuntas kasus ini, terutama mengungkap adanya kejanggalan-kejanggalan yang terjadi," bunyi keterangan tertulis KKJ Sumut yang diterima Kompas.tv, Selasa (2/7/2024).

KKJ Sumut juga mendesak Panglima TNI Agus Subiyanto untuk mengusut dugaan keterlibatan anggota TNI, yang disebutkan korban dalam pemberitaannya. 

KKJ Sumut juga mendorong semua jurnalis di Sumatera Utara untuk bekerja secara profesional, dan mentaati kode etik jurnalistik.

"KKJ Sumut tidak membenarkan tindakan penyalahgunaan profesi untuk kepentingan tertentu, selain untuk kepentingan publik," tegasnya.

Mereka juga mendorong semua perusahaan media agar memperhatikan keselamatan setiap jurnalisnya yang bekerja di lapangan, dan terus mengingatkan agar bekerja sesuai kode etik.

"Mendorong Dewan Pers untuk terus berperan aktif mengevaluasi dan menindak media yang tidak menjalankan ketentuan UU No 40 tahun 1999 tentang Pers," jelas KKJ Sumut.

Adapun pernyataan sikap tersebut disampaikan berdasarkan temuan-temuan KKJ Sumut usai memverifikasi dan mendalami kasus kebakaran rumah tersebut. 

Berdasarkan hasil investigasi organisasi pers tersebut, kasus kebakaran yang menewaskan wartawan Tribrata TV dan keluarganya terjadi setelah korban memberitakan perjudian yang ada di Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo.

"Di mana dalam pemberitaan yang dimuat korban, dijelaskan ada keterlibatan aparat berinisial HB. Sebelum kebakaran terjadi, ada rentetan kasus antara Sempurna Pasaribu dengan oknum aparat diduga berinisial HB tersebut," kata KKJ Sumut.

Baca Juga: Temuan KKJ Sumut soal Kebakaran Tewaskan Wartawan di Karo: Terjadi Usai Korban Beritakan Perjudian



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x