Kompas TV regional jawa timur

Warga Demo Desak Pemindahan Makam Eddy Rumpoko dari TMP

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 18:07 WIB
Penulis : KompasTV Malang

BATU, KOMPAS.TV - Forum warga Kota Batu dari berbagai elemen menggelar aksi di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Suropati Kota Batu mendesak makam Almarhum Eddy Rumpoko segera dipindah.

Aksi sejumlah warga dilakukan Senin siang di depan pintu masuk Taman Makam Pahlawan Suropati Kota Batu. Mereka memasang spanduk yang mempertanyakan rencana pemindahan jenazah almarhum Eddy Rumpoko dari TMP.

Menurut mereka, pemakaman mantan Wali Kota batu Edy Rumpoko di Taman Makam Pahlawan Suropati telah menyalahi aturan. Dalam aksinya, Wakil Ketua Dewan Harian cabang 45 Kota Batu, Budi Kabul mendesak pemkot segera memindahkan makam Eddy Rumpoko.

Menurutnya, setelah pemakaman Eddy Rumpoko pada 30 November 2023, telah dilakukan rencana pemindahan jenazah,  setelah adanya pertemuan dengan ahli waris dan Pemkot Batu. Namun hingga saat ini janji pemindahan tersebut belum dilaksanakan. Karena itulah mereka menggelar aksi di Taman Makam Pahlawan Suropati.

"Setelah Pilpres belum ada tanda-tanda akan dipindahkan jasad almarhum bapak Eddy Rumpoko, kami melihat almarhum ini kasihan, kita yang hidup ini seharusnya yang taat asas taat hukum," Terang Budi Kabul.

Budi Kabul menyebut, tahap pemindahan jenazah Eddy Rumpoko sudah berkekuatan hukum dan mendapat persetujuan dari Kogartap 3 Surabaya. Meski dianggap berjasa bagi pembangunan Kota Wisata Batu dan mendapatkan penghargaan dari legiun veteran, namun hal tersebut tidak menjadikan mantan wali Kota Batu dua periode tahun 2007 hingga 2017, ini layak dimakamkan di taman makam pahlawan. Terlebih saat meninggal dunia, mantan wali kota ini juga masih menjalani masa hukuman kasus korupsi.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x