Kompas TV regional berita daerah

Puluhan WNA Terdampar Di Perairan Laut Tegal Buleud

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 17:10 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi

SUKABUMI, KOMPAS.TV- Sebuah speed boat, berwarna putih, terdampar diperairan muara laut Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Menurut warga perahu tersebut membawa puluhan warga negara asing yang saat itu diduga terombang ambing oleh gelombang besar hingga berlabuh di perairan Tegal Buleud. Para nelayan sekitar hendak menolong perahu tersebut, namun seluruh penumpang speedboat, kabur melarikan diri bersembunyi di perkampungan warga.

Sekitar 30 orang penumpang speedboat adalah warga negara asing berkulit hitam. Sementara itu data dari warga dari 30 orang tersebut, 2 diantaranya adalah WNI asal Cilacap Jawa Tengah, yang bertugas sebagai tekong kapal. Kini para WNA diamankan oleh anggota polres sukabumi, tanpa identitas yang jelas.

Belum diketahui secara pasti motif mereka higga terdampar diperairan Tegal Buleud. Mereka berangkat dari Pelabuhan Cilacap, menuju Pulau Christmas australia, namun mereka dicegat oleh petugas kelautan Australia dan kembali di usir ke Indonesia. Perahu yang mereka gunakan sebelumnya ditenggelamkan oleh petugas laut Australia, dan diberi satu buah speed boat untuk kembali ke Indoensia hingga terdampar diperairan Ujung Genteng.


Tekong kapal mengaku bahwa Ia ditawari bosnya di Cilacap untuk mengangkut WNIA asing yang dibawa dari bus untuk diangkut diantarkan menuju perariran pantai Australia, dengan dijanjikan imbalan uang yang fantastis.

 

Sahabat Kompas TV Sukabumi! Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel YouTube Kompas TV Sukabumi, juga aktifkan lonceng notifikasi agar tidak ketinggalan update mengenai isu-isu terkini di Indonesia.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live.

Sosial Media Kompas TV Sukabumi:
YouTube : https://www.youtube.com/c/KompasTVSukabumi/videos
Instagram : https://www.instagram.com/kompastvsukabumi
Facebook : https://www.facebook.com/redaksikompastvsukabumi
Twitter : @ktvsukabumi
TikTok : https://www.tiktok.com/@kompastvsukabumi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x