Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Peresmian Kantor Baru PLN Unit Layanan Muko-Muko, Tingkatkan Pelayanan dan Keandalan Listrik

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 16:15 WIB
peresmian-kantor-baru-pln-unit-layanan-muko-muko-tingkatkan-pelayanan-dan-keandalan-listrik
Peresmian gedung baru Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muko-Muko yang berlokasi di Jalan R.A. Kartini, Pasar Muko-Muko, Kecamatan Kota Muko-Muko, Provinsi Bengkulu. (Sumber: Humas PLN UID S2JB)
Penulis : KompasTV Palembang

MUKO-MUKO, KOMPAS.TV - PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) meresmikan gedung baru Unit Layanan Pelanggan (ULP) Muko-Muko yang berlokasi di Jalan R.A. Kartini, Pasar Muko-Muko, Kecamatan Kota Muko-Muko, Provinsi Bengkulu. Kantor baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan keandalan pasokan listrik bagi masyarakat Muko-Muko dan sekitarnya.

“Sebelumnya, PLN ULP Muko-Muko beroperasi di Jalan Bandar Ratu, Kecamatan Kota Muko-Muko, Provinsi Bengkulu sejak tahun 2004 yang merupakan gedung sewa. Sebagai wujud optimalisasi penggunaan aset perusahaan, kantor ULP Muko-Muko kini pindah ke lokasi yang sebelumnya merupakan kantor PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) namun saat ini sudah tidak beroperasi,” terang Khairul Mustafa, Manager PLN Unit Layanan Pelanggan Muko-Muko.

Dengan revitalisasi aset gedung sebagai kantor PLN ULP Muko-Muko yang lebih mudah diakses oleh masyarakat, PLN berharap dapat memberikan layanan yang lebih optimal kepada 69.553 pelanggannya. Adapun wilayah yang dilayani ULP Muko-Muko meliputi Kecamatan Kota Muko-Muko, Air Dikit, Air Majunto, Air Rami, Ipuh, Lubuk Pinang, Malin Deman, Penarik, Pondok Suguh, Selagan Raya, Sungai Rumbai, Teramang Jaya, Teras Terunjam, V Koto, dan XIV Koto, dengan total luas wilayah kerja mencapai 740,7 km².

Peresmian gedung baru ULP Muko-Muko ini sangat penting, mengingat perkembangan kelistrikan di Muko-Muko yang cukup signifikan. Dalam satu tahun terakhir, jumlah pelanggan meningkat dari 66.443 pelanggan menjadi 69.553 pelanggan. Selain itu, konsumsi tenaga listrik di Muko-Muko juga mengalami peningkatan sebesar 5,49% dari 45,15 GWh pada tahun 2023 menjadi 47,63 GWh di Mei 2024

Manager PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Bengkulu, Muhammad Syafdinnur berharap dengan diresmikannya gedung baru ULP Muko-Muko, kenyamanan dan kemudahan bagi pelanggan khususnya di Kota Muko-Muko dan sekitarnya dalam mendapatkan layanan PLN akan meningkat.

"Dengan diresmikannya kantor ULP Muko-Muko yang baru ini, kami berharap dapat meningkatkan pelayanan PLN dan membantu percepatan peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Muko-Muko," ujar Syafdinnur.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB) mengatakan, kedepannya sistem kelistrikan di Muko-Muko akan terus mengalami peningkatan. Beroperasinya Gardu Induk Muko-Muko yang terletak di Kecamatan Teramang Jaya, Kabupaten Muko-Muko, menjadi langkah signifikan dalam meningkatkan sistem kelistrikan.

“Salah satu langkah peningkatan keandalan yang kita lakukan adalah dengan pengoperasian Gardu Induk Muko-Muko. PLN juga merencanakan pengembangan jaringan distribusi sebesar 33,42 kms yang dimulai pada tahun 2025, sehingga pada tahun 2026 seluruh jaringan kelistrikan di Muko-Muko akan tersambung dalam satu sistem dan tidak lagi disuplai oleh PLTD,” kata Adhi.

Menghadiri acara peresmian ULP Muko-Muko, Bupati Muko-Muko, H. Sapuan, S.E., MM, Ak, CA, CPA, SFI mengapresiasi langkah PLN dalam meningkatkan fasilitas pelayanan kelistrikan di wilayah kerjanya. Ia berharap, dengan hadirnya gedung baru tersebut, kondisi kerja ULP Muko-Muko dapat semakin kondusif sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan menjadi lebih baik dan lebih cepat.

“Kami sangat mengapresiasi langkah PLN dalam meningkatkan fasilitas pelayanan di Muko-Muko. "Dengan adanya gedung baru ini, kami berharap masyarakat Muko-Muko bisa mendapatkan pelayanan listrik yang lebih baik dan lebih cepat. Ini juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah kami,” pungkas Sapuan.



Sumber : Kompas TV Palembang



BERITA LAINNYA



Close Ads x