Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sistem Eror, Ratusan Siswa di Kulonprogo Kesulitan Daftar Jalur Zonasi Reguler

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 10:35 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULONPROGO, KOMPAS.TV - Masalah eror pada sistem Pendaftaran Peserta Didik Baru atau PPDB salah satunya terjadi di SMK Negeri 2 Pengasih, Kulonprogo, Yogyakarta. Akibatnya, banyak calon siswa yang sebelumnya tidak lolos jalur afirmasi tidak bisa mendaftar kembali melalui jalur zonasi reguler pada hari ke tiga PPDB Rabu (26/06/2024) kemarin.

Sejak pagi hingga siang hari, sistem tidak bisa diakses sehingga memaksa calon siswa hanya bisa menunggu hingga proses perbaikan selesai dilakukan. Eror pada sistem ini tidak hanya dialami siswa yang mendaftar di SMK Negeri 2 Pengasih saja, namun juga di semua sekolah tingkat SMA/SMK di Kulonprogo maupun di DIY, mengingat proses PPDB online tingkat SMA/SMK se DIY menggunakan satu sistem yang sama.

Pihak sekolah sendiri mengaku sudah melaporkan persoalan ini ke pihak Disdikpora DIY, namun hingga kemarin pihak sekolah hanya diminta untuk menunggu hingga perbaikan sistem selesai dilakukan. Kondisi inipun membuat calon siswa baru bingung karena kesulitan mendaftar sekolah melalui jalur zonasi reguler.

“Anak-anak yang sudah mendaftar di afirmasi dan mereka tidak diterima, hari ini sistemnya belum bisa untuk mendaftar lagi ke zonasi sehingga mereka masih menunggu proses perbaikan sistem yang ada di disdikpora. Kami tidak tau, yang jelas sudah kami konsultasikan di disdikpora untuk masalah ini dan sekarang masih proses perbaikan. Harapan kami hari ini sudah bisa masuk kembali untuk bisa mendaftar,”Ahmad Gunadi, Ketua Panitia PPDB SMK N 2 Pengasih.

“Di awal kan afirmasi, terus ini zonasi reguler tapi belum bisa soalnya sistemnya baru diperbaiki . Sementara menunggu dan semoga bisa teratasi dan bisa masuk,” Heni Lestari, orang tua siswa.


Pihak sekolah maupun para calon siswa sendiri menyayangkan terjadinya eror pada sistem PPDB online ini. Mereka berharap pihak Disdikpora DIY semestinya dapat mensimulasikan proses PPDB online ini terlebih dahulu sejak awal sehingga tidak menimbulkan kebingungan pada saat proses PPDB berlangsung.

#ppdb #sistem #eror



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x