Kompas TV regional bali nusa tenggara

Hampir Sepekan Krisis Air Bersih di Gili Trawangan, Warga Berjibaku Cari Sumber Alternatif

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 11:28 WIB
hampir-sepekan-krisis-air-bersih-di-gili-trawangan-warga-berjibaku-cari-sumber-alternatif
Seorang pekerja tampak memeriksa jerigen kosong untuk diisi air bersih dan tawar di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (27/6/2024). (Sumber: Kompas.tv/Vyara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Desy Afrianti

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Hampir sepekan sudah Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, tak merasakan aliran air bersih, Kamis (27/6/2024). 

Pipa-pipa air milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PDAM) Amerta Dayan Gunung berhenti mengalirkan air tawar hasil desalinasi atau pengolahan dari air laut menjadi air minum ke kran-kran air di seantero Gili Trawangan milik warga, juga bisnis-bisnis pariwisata seperti hotel dan restoran.

Sejak Sabtu (22/6/2024) lalu, PT Tiara Cipta Nirwana, perusahaan swasta yang digandeng PDAM Amerta Dayan Gunung untuk melakukan produksi air bersih, menghentikan produksinya.

Produksi air bersih di pulau kecil yang menjadi destinasi wisata internasional ini terganjal izin pengeboran pipa bawah laut yang dituding menyebabkan pencemaran di perairan utara Gili Trawangan.

Dan sejak beberapa hari terakhir, warga dan para pelaku usaha sibuk mencari sumber air alternatif. Banyak warga dan para pelaku usaha beralih menggunakan air sumur untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, seperti untuk mandi dan mencuci.

Baca Juga: Krisis Air Bersih di Gili Trawangan, Ini Kata Para Pelaku Wisata

Mereka yang tak memiliki sumur, membeli air dari mereka yang memiliki sumur. Harga dibanderol mulai Rp4 ribu per jerigen ukuran 20-30 liter.

Jerigen-jerigen itu lalu diangkut menggunakan dongol atau delman pengangkut barang. Sekali angkut, satu dongol mampu membawa hingga 12 jerigen seukuran 30 liter dengan ongkos rata-rata Rp100 ribu per sekali angkut.  

Seorang kusir dongol atau delman pengangkut barang tengah mengisi jerigen-jerigen dengan air sumur di Gili Trawangan, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu (26/6/2024). Sejak Sabtu (22/6/2024) lalu, Gili Trawangan mengalami krisis air bersih. (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

Supar, salah seorang kusir dongol, menyebut banyak para pelaku usaha menggunakan jasa dongol untuk mengangkut air.

“Semua di Trawangan cari air. Ini saya angkut air untuk hotel,” ujar Supar yang saat ditemui Kompas.tv tengah sibuk memuat jerigen air di Gili Trawangan, Kamis pagi (27/6/2024).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x