Kompas TV regional bali nusa tenggara

23 Tahun Berdiri, Monumen Bajra Sandhi Dibersihkan Dengan Metode Uap

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 10:17 WIB
23-tahun-berdiri-monumen-bajra-sandhi-dibersihkan-dengan-metode-uap
Bekerja sama dengan karcher, penyedia sistem pembersihan yang efisien dan ramah lingkungan, monumen ikonik, bajra sandi, mendapat kesempatan untuk dibersihkan. (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPASTV - Monumen perjuangan rakyat bali atau Bajra Sandhi, merupakan salah satu situs sejarah di Bali. 23 tahun sejak selesai dibangun, monumen perjuangan rakyat Bali, Bajra Sandhi, belum pernah mendapatkan pembersihan secara sempurna.

Bekerja sama dengan Karcher, penyedia sistem pembersihan yang efisien dan ramah lingkungan, monumen ikonik, Bajra Sandhi, mendapat kesempatan untuk dibersihkan. Pembersihan dilakukan dengan menggunakan tekhnik pembersih tekanan tinggi hds 13 per 20-4 s super class buatan jerman, dalam mode uap.

Mode uap ini dinilai bermanfaat untuk menghilangkan pertumbuhan organisme hidup, dan pencemaran lain, yang berdampak buruk pada permukaan batu seiring waktu. Teknik ini dinilai paling lembut untuk membersihkan dan melestarikan bahan bangunan mineral. Terlebih monumen bajra sandi terbuat dari bebatuan lava. Spora yang tertanam sangat dalam juga diminimalkan oleh uap panas, yang menunda kembalinya pertumbuhan.

Kawasan Monumen Bajra Sandhi Dibersihkan Dengan Metode Uap (Sumber: Kompas TV Dewata)

Sekitar 20 persen area depan monumen bajra sandi dibersihkan mulai tanggal 12 hingga 26 juni 2024. Kepala UPTD monumen Bajra Sandhi, Made Artana mengaku, sejak 23 tahun berdiri, monumen Bajra Sandhi biasa dibersihkan menggunakan air biasa. Dengan edukasi yang diberikan oleh karcher, pembersihan menggunakan uap air panas dan tanpa bahan kimia, membuat kebersihan monumen Bajra Sandhi tahan hingga lebih dari dua tahun, dan tidak merusak bahan bangunan.

Selain monumen Bajra Sandhi, sebagai ahli pembersihan, Karcher telah aktif terlibat dalam pelestarian monumen dan bangunan bersejarah dunia selama lebih dari 40 tahun. Lebih dari 191 proyek restorasi di seluruh dunia telah dilakukan pembersihan, termasuk monumem Bajra Sandhi. Dengan upaya pembersihan ini, diharapkan dapat melestarikan salah satu monumen penting di Bali, Bajra sandhi sebagai warisan budaya, untuk generasi mendatang.

 

 

 

#monumen #bajrasandhi #bali



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x