Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Server Rusak, Imigrasi Semarang Tak Bisa Cetak Paspor

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 09:53 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sejak Kamis (20/06/2024), server Pusat Data Nasional mengalami down atau kerusakan yang berimbas pada kantor imigrasi di seluruh Indonesia, tak terkecuali kantor imigrasi yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Kantor Imigrasi Kelas Satu Semarang yang biasa mencetak 300 lebih paspor setiap harinya kini terkendala, sehingga pelayanan pencetakan paspor tertunda. Purwito, salah satu warga yang akan membuat paspor mengaku kecewa. Akibat kerusakan ini, dirinya tidak bisa mendapatkan paspor tepat waktu.

"Kita selaku masyarakat kan butuh pelayanan yang cepat, pelayanan yang memuaskan, tapi kalo (server) onlinenya ini error, kita terganggu," ujar Purwito. 

Sementara itu, Kepala Imigrasi Kelas 1 Semarang mengaku bisa memahami kekecewaan masyarakat selaku pemohon paspor. Meski belum bisa mencetak paspor, pihak imigrasi tetap masih melayani pendataan pembuat paspor bagi masyarakat yang sudah terjadwal.

"Pada hari Kamis, pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Semarang terganggu karena dari Pusat Data Nasional mengalami down, efeknya berimbas di Kantor Imigrasi Semarang. Bukan hanya di sini, tetapi seluruh kantor imigrasi di Indonesia yang melayani permohonan paspor," jelas Guntur Sahat Hamonangan, Kepala Imigrasi Kelas 1 Semarang. 

Kantor Imigrasi Kelas Satu Semarang masih menunggu informasi dari Kantor Imigrasi Pusat terkait kembali aktifnya server di Pusat Data Nasional.

#pusatdatanasional #paspor #imigrasi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x