Kompas TV regional bali nusa tenggara

Malam Ini Gunung Lewotobi Laki-laki Kembali Erupsi, Kolom Abu Capai 900 Meter, Warga Diimbau Waspada

Kompas.tv - 25 Juni 2024, 22:05 WIB
malam-ini-gunung-lewotobi-laki-laki-kembali-erupsi-kolom-abu-capai-900-meter-warga-diimbau-waspada
Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, kembali meletus pada Jumat (15/6/2024) malam. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

FLORES, KOMPAS.TV - Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), kembali mengalami erupsi pada Selasa (25/6/2024) malam. Kepala Pos Pemantau Gunung Api (PGA) Lewotobi Laki-laki, Herman Yosef Mboro, melaporkan bahwa erupsi terjadi pukul 19.08 WITA.

Berdasarkan data seismogram, erupsi ini tercatat dengan amplitudo maksimum 47.3 mm dan berlangsung selama kurang lebih 13 menit 46 detik.

Kolom abu vulkanik teramati mencapai ketinggian sekitar 900 meter di atas puncak gunung, yang berada pada ketinggian 2.484 meter di atas permukaan laut.

Herman menjelaskan bahwa kolom abu yang teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal, condong ke arah barat dan barat laut.

Baca Juga: Gunung Lewotobi Laki-Laki Kembali Erupsi Pagi Ini, Warga Diimbau Jauhi Radius 3 KM dan Pakai Masker

Mengingat potensi bahaya dari abu vulkanik, warga yang terdampak hujan abu diimbau untuk mengenakan masker atau alat pelindung diri.

Sebagai tindakan pencegahan, Herman menyarankan agar warga sekitar dan wisatawan tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer dari pusat erupsi.

Larangan aktivitas juga berlaku untuk area sejauh 4 kilometer ke arah barat laut, utara, selatan, dan tenggara dari gunung.

"Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan pemda serta tidak mempercayai isu-isu dari sumber yang tidak jelas," kata Herman dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Gunung Lewotobi Laki-laki Erupsi, Kolom Abu Capai 1.000 Meter di Atas Puncak

Saat ini, status Gunung Lewotobi Laki-laki masih berada di level III (Siaga). Dengan adanya aktivitas vulkanik yang masih berlangsung, masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki diharapkan tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi serta arahan dari pihak berwenang.


 



Sumber : Kompas TV, Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x