Kompas TV regional berita daerah

Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Pimpin Apel Gerakan Coklit Serentak di Kota Gorontalo

Kompas.tv - 25 Juni 2024, 10:55 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KOTA GORONTALO, KOMPAS.TV - Data pemilih merupakan salah satu bagian terpenting dan basis utama dalam tahapan pemilihan umum maupun pemilihan kepala daerah.

Berdasarkan tahapan yang telah ditetapkan, pada Senin, 24 Juni 2024 pagi tadi, KPU Kabupaten, Kota di Provinsi Gorontalo melakukan apel gerakan Coklit Serentak untuk Pilkada 2024.

Apel Coklit yang akan dilakukan oleh para petugas pantarlih ini dilaksanakan di Lapangan Buladu/ Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo.

Apel yang diikuti oleh sebanyak 550 petugas Pantarlih ini dipimpin langsung oleh komisioner KPU Provinsi Gorontalo, Risan Pakaya, dan turut dihadiri oleh seluruh jajaran Forkopimda Kota Gorontalo.

Dalam apel tersebut, Komisioner KPU Provinsi Gorontalo Risan Pakaya pun secara resmi melakukan penyerahan dan pemasangan atribut yang akan digunakan oleh petugas pantarlih saat melakukan coklit data pemilih.

Komisioner KPU Provinsi Gorontalo mengatakan, apel gerakan coklit serentak ini merupakan salah satu upaya untuk mensosialisasikan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memberikan hak pilih pada pilkada mendatang.

Disisi lain,  Ketua KPU Kota Gorontalo mengungkapkan, coklit data pemilih di Kota Gorontalo akan dilaksanakan dalam kurun waktu kurang lebih 1 bulan.

Usai mengikuti apel serentak dan bimbingan teknis,  para petugas Pantarlih pun langsung turun melakukan coklit di wilayah masing-masing, diawali dengan pencoklitan pada tokoh tokoh masyarakat yang ada di Kota Gorontalo.

KPU Kota Gorontalo juga akan terus melakukan pengawasan dan pendampingan agar pelaksanaan coklit serentak di Kota Gorontalo dapat berjalan dengan lancar dan cepat.

Baca Juga: Cara Cek Status Pencairan PIP Termin 2 2024, Siswa Kurang Mampu Bisa Klaim hingga Rp1,8 Juta

Sementara itu, KPU Kota Gorontalo mengatakan petugas coklit data pemilih pada Pilkada kali ini di dominasi oleh perempuan yakni lebih dari 300 petugas.

550 petugas pantarlih yang akan bertugas selama 1 bulan mendatang diketahui akan diberikan insentif atau honor sebesar satu juta rupiah.

 

#KPUprovinsiGorontalo

#pantarlih

#coklit

#pilkada2024

#Gorontalo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x