Kompas TV regional papua maluku

Suku Moi Gelar Tradisi Adat Pembukaan Kawasan Wisata Malaumkarta

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 17:57 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Menurut kepercayaan masyarakat Suku Moi yang merupakan suku asli di Sorong, Papua Barat Daya, setiap pembukaan lahan baru perlu dilakukan prosesi adat yang dinamakan benfie. Tradisi ini telah ada sejak ada leluhur orang moi yang hingga saat ini masih tetap dilestarikan.

Tradisi benfie sendiri dilakukan pada kawasan pantai dan juga hutan, yang merupakan area tempat akan dibangunnya kawasan wisata di Kampung Malaumkarta Raya. Dimana pada saat prosesi adat ini masyarakat akan membawa sesajian kepada para leluhur dengan menggunakan pakaian adat, kemudian berbicara dengan para leluhur di area tersebut dalam bahasa daerah.

Tujuan dilakukan tradisi adat pembukaan lahan ini, agar proses pengembangan kawasan wisata di area tersebut berjalan lancar dan tidak terjadi gangguan. Karena rencananya kawasan ini akan dijadikan jalur trekking tempat pengamatan burung yang merupakan satwa endemik Papua.

Menurut pemuda adat Suku Moi kawasan ini sendiri memang telah disiapkan untuk kawasan wisata, karena memiliki kekayaan alam yang cukup banyak, sehingga diharapkan dapat menjadi tempat edukasi bagi wisatawan kelak, tidak hanya untuk sekedar berwisata.

Diharapkan dengan kehadiran pariwisata pada kawasan ini dapat membantu pengembangan ekonomi bagi masyarakat setempat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x