Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Cegah Demam Berdarah dengan Berantas Sarang Nyamuk

Kompas.tv - 24 Juni 2024, 09:59 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Pemberantasan jentik nyamuk penyebab merebaknya penyakit demam berdarah terus digalakkan Kecamatan Pedurungan di Kelurahan Palebon, Kota Semarang. Selain melakukan pembersihan sarang nyamuk dan jentik nyamuk, warga Palebon juga melakukan pembersihan saluran air yang tergenang air.

Dalam pembersihan jentik nyamuk di pemukiman warga, petugas menemukan adanya jentik nyamuk di tempat penampungan air minum yang positif nyamuk aedes aegypti, penyebab virus demam berdarah. Camat Pedurungan mengaku upaya pemberantasan nyamuk penyebab demam berdarah ini dilakukan setiap seminggu dua kali. Hal ini dilakukan sebagai bentuk untuk mencegah merebaknya penyakit demam berdarah di Kota Semarang.

"Ada beberapa rumah ditemukan jentik-jentik di tempat minum dispenser, yang memang mungkin pemilik rumah tidak menyadari bahwa di tempat air minum ternyata malah menimbulkan jentik. Ini adalah antisipasi sehingga bisa ditemukan sejak dini, jentiknya bisa dituang ke tanah. InshaAllah itu mencegah demam berdarah di wilayah kami," jelas Agus Junaidi, Camat Pedurungan. 

Lebih lanjut Camat Pedurungan menambahkan sebelumnya ada lima orang di Kecamatan Pedurungan yang terdeteksi terjangkit demam berdarah. Setelah dilakukan perawatan dan pemantauan, saat ini tidak ada warga yang terjangkit demam berdarah.

#demamberdarah #aedesaegypti #kotasemarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x