Kompas TV regional jabodetabek

Jakarta International Marathon 2024 Digelar Hari Ini, Pelari Asal Kenya Borong Posisi Puncak

Kompas.tv - 23 Juni 2024, 14:32 WIB
jakarta-international-marathon-2024-digelar-hari-ini-pelari-asal-kenya-borong-posisi-puncak
Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024 yang digelar di Jakarta pada Minggu (23/6/2024). (Sumber: Humas JAKIM vai Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelari asal Kenya berhasil mencatatkan posisi terbaik dalam ajang Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024, Minggu (23/6/2024). Dua pelari asal Kenya berhasil memenangi maraton kategori laku-laki dan perempuan.

Untuk kategori laki-laki, Geoffrey Kiprotich Birgen asal Kenya menang, diikuti Kiprop Tonui yang berasal dari negara yang sama. Di tempat ketiga ada Bililign Yimer Ali (Ethiopia), kemudian Joseph Mwangi Ngare (Kenya) dan Kenneth Kiprop Kipkemoi (Kenya).

Untuk kategori perempuan, Sheila Jepkosgei Chesang (Kenya) menempati peringkat pertama. Peringkat kedua hingga kelima diraih oleh Careen Cheptoek (Mwetiach), Shauline Chepkirui Koech (Kenya), Eunice Nyawira Muchiri (Kenya), Hellen Nzembi Musyoka (Kenya).

Baca Juga: Heru Budi soal Peluang Maju di Pilgub Jakarta: Hari Esok Penuh Misteri, Biar Alam Semesta yang Jawab

Corporate Secretary Bank BTN Ramon Armando menyebut JAKIM 2024 diikuti oleh 232 pelari asing dari 32 negara. Para pelari tersebut berlomba dengan ribuan WNI dalam tiga kategori lomba, marathon (42K), Half Marathon (21K), dan 10K.

"Jumlah yang cukup banyak menurut kami, apalagi mereka semua berasal dari 30 negara di berbagai belahan dunia,” kata Ramon dikutip Antara.

Adapun 30 negara asal para pelari asing antara lain adalah Amerika Serikat, Inggris, Swedia, Belanda, Brasil, Rusia, Selandia Baru, Malawi, Serbia, Taiwan, Guam, Australia dan Kenya.

Kemudian Kanada, Jerman, India, Iran, Jepang, Ethiopia, Korea Selatan, Pakistan, Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, Yunani, Vietnam, Srilanka, Zambia, Italia dan Fiilipina.

Dari 30 negara itu, jumlah terbanyak berasal dari Kenya dan Jepang, masing-masing 56 pelari dan 48 pelari.

JAKIM 2024 digelar dalam rangka HUT kota Jakarta ke-497. Pada Sabtu (22/6/2024), digelar malam perayaan HUT ke-497 di kawasan Monumen Nasional yang dipadati pengunjung.

Baca Juga: Ahok soal Anies di Pilgub Jakarta: DPP Punya Kriteria Siapa yang Dicalonkan, Anda Nasionalis Tidak


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x