Kompas TV regional berita daerah

5 Kelurahan di Kota Gorontalo Terendam Banjir Akibat Luapan Sungai Bone

Kompas.tv - 20 Juni 2024, 15:31 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

KOTA GORONTALO, KOMPAS.TV - Curah hujan lebat yang terjadi di sejumlah wilayah Gorontalo khususnya wilayah yang berada di hulu Sungai Bone, Bone Bolango, mengakibatkan debit air sungai Bone yang berada di Kota Gorontalo meluap pada Kamis, 20 juni 2024.

Air sungai yang meluap mulai masuk ke pemukiman warga dan merendam rumah warga di Kota Gorontalo sejak sekitar pukul 04.00 WITA.

Sebelumnya, warga pun telah waspada terhadap luapan Sungai Bone yang memang sering kali mengakibatkan banjir di wilayah Kota Gorontalo.

Puluhan rumah warga yang berdekatan dengan bantaran sungai pun terendam banjir hingga ketinggian 50 centimeter.

Akibatnya, peralatan rumah tangga milik warga yang tidak sempat dievakuasi, basah akibat terendam luapan air sungai yang masuk kedalam rumah.

Salah satu warga yang terdampak banjir mengaku, selain membutuhkan makanan siap saji, saat ini para warga juga membutuhkan bantuan peralatan penyedot air dan alat untuk membersihkan rumah mereka dari lumpur.

Karena tidak adanya mesin pompa air untuk menyedot luapan sungai, warga pun bilang hanya menunggu air luapan sungai surut dengan sendirinya.

Sementara itu,  cuaca yang yang kini masih mendung, membuat warga merasa cemas dengan bertambahnya debit air sungai yang bisa meluap dan merendam rumah warga kapan saja.

Hingga saat ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kota Gorontalo masih terus melakukan evakuasi dan pendataan terhadap berapa jumlah rumah dan kepala keluarga yang terdampak luapan air sungai bone ini.

Baca Juga: Ratusan Bonsai Dipamerkan dan Dilombakan Dalam Pesona Bonsai Gorontalo 2024

Namun, BPBD Kota Gorontalo mengatakan, tercatat ada sebanyak 5 kelurahan dari 2 kecamatan di Kota Gorontalo yang terendam banjir, yakni 1 Kelurahan di Kecamatan Kota Timur dan 4 Kelurahan di Kecamatan Dumbo Raya.

Personil BPBD, TNI Polri dan instansi pemerintah terkait lainnya pun kini masih terus melakukan pemantauan dan evakuasi terhadap warga yang terdampak.

Warga yang berada di bantaran sungai pun dihimbau agar terus waspada dan sebisa mungkin untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

BPBD Kota Gorontalo pun kini telah menyiapkan beberapa titik lokasi pengungsian dan menyiagakan personil serta peralatan evakuasi.

Sementara, wilayah hulu sungai bone dan sekitarnya kini masih kondisi mendung dan berawan.

 

#banjir

#kotagorontalo

#sungaibone

#gorontalo

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x