Kompas TV regional berita daerah

Lakukan Pemeriksaan Daging Kurban, Petugas Temukan 2 Ekor Hewan Kurban Yang Terpapar Cacing

Kompas.tv - 19 Juni 2024, 13:49 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS.TV - Otoritas Veteriner Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo mendapati 2 ekor hewan kurban yang terpapar cacing.

Namun, cacing yang ditemukan hanya berada di sejumlah bagian organ dalam hewan kurban dan tidak terpapar hingga ke seluruh bagian tubuh hewan kurban.

Pejabat Otoritas Veteriner Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo drh. Feny Reny Rimporok menegaskan bagian organ dalam yang terpapar cacing langsung diafkir atau dinyatakan tidak layak untuk dikonsumsi dan langsung dimusnahkan.

Sementara itu PLT Sekretaris Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo Ridwan Matoka mengatakan, sejauh ini, Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo menegaskan seluruh hewan kurban yang akan dipotong dinyatakan aman dan bebas dari penyakit dan virus.

Baca Juga: KPK Periksa Staf Hasto PDIP Terkait Perkara Harun Masiku

Meskipun demikian, petugas terkait terus melakukan pengawasan di setiap lokasi pemotongan hewan kurban untuk menjamin kesehatan daging yang akan dikonsumsi.

Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo pun menghimbau agar selama proses pemotongan hewan kurban, warga dapat melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan melaporkan jika menemukan daging atau bagian organ dalam hewan kurban yang diduga terpapar cacing maupun hal yang mencurigakan.


#hewankurban

#iduladha

#dinaspertanian

#gorontalo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x