Kompas TV regional papua maluku

Dinas P2KP Papua Barat Daya Gencarkan Pemeriksaan Calon Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Kompas.tv - 6 Juni 2024, 18:32 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS.TV - Pemeriksaan calon hewan kurban yang dilaksanakan dinas pertanian pangan kelautan dan perikanan Provinsi Papua Barat Daya, bersama dinas pertanian dan peternakan Kota Sorong, meliputi pemeriksaan antemortem sebelum penyembelihan dan postmortem setelah penyembelan.

Menurut pejabat otoritas veteriner dinas P2KP Papua Barat Daya, jumlah calon hewan kurban yang akan dilakukan pemeriksaan untuk Idul Adha tahun ini mencapai 1.300. Dimana dalam pemeriksaan fisik akan dilakukan berdasarkan syariat islam.

Selain pemeriksaan fisik petugas juga mengambil sampel darah calon hewan qurban untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan lab terlebih dahulu.

Hingga saat ini Provinsi Papua Barat Daya merupakan provinsi yang masih bebas dari penyakit hewan menular strategis, antara lain rabies, anthrax, penyakit mulut dan kuku serta penyakit hewan lainnya.

Jelang idul adha ada calon hewan kurban berupa sapi dan kambing yang sudah masuk di Papua Barat Daya Dari Provinsi Maluku dengan memiliki kondisi fisik sehat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x